Istri Nelayan di Kebomas Gresik Dilatih Bikin Berbagai Masakan Olahan Ikan

Istri Nelayan di Kebomas Gresik Dilatih Bikin Berbagai Masakan Olahan Ikan Para istri nelayan di Sukorejo, Kebomas ketika mempraktekkan membuat aneka olahan masakan dari ikan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Istri para nelayan di Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik tampak antusias mengikuti pelatihan mengolah hasil laut, khususnya ikan. Pelatihan ini digelar Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten selam tiga hari di balai desa setempat, terhitung sejak Rabu (1/3).

Mereka selama ini sehari-harinya hanya membantu suaminya mengolah hasil laut untuk pembuatan krupuk atau hanya dijual mentah di kawasan sekitar. Maka tak heran, adanya pelatihan ini disambut gembira para ibu-ibu.

Selama tiga hari, mereka diberi berbagai materi dalam membuat berbagai olahan ikan, mulai dari pembuatan otak-otak ikan, abon ikan, bakso ikan, ekado, fish stick dan sosis ikan, dari para tenaga professional dari salah satu pabrikan frozen fish.

Rosyidatul Chabibah, salah seorang peserta menyatakan tertarik untuk mengembangkan olahan ikan. Dia merasa optimis, karena selama ini ikan-ikan yang dihasilkan nelayan kadang dijual murah bila musim ikan.

“Kalau para ibu-ibu di sini bisa membuat bakso ikan atau produk yang lain, pasti kami bisa memasarkan dengan harga yang lebih bersaing. Karena kami punya bahan ikan sendiri hasil tangkapan suami, ” katanya optimis.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik Agus Budiono, didampingi Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, dipilihnya pelatihan berbagai olahan ikan di Desa Sukorejo karena sesuai dengan karakteristik desa setempat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO