13 Prajurit Gugur, Pengoperasian Pesawat Hercules Milik Lanud Abd Saleh Dihentikan

13 Prajurit Gugur, Pengoperasian Pesawat Hercules Milik Lanud Abd Saleh Dihentikan Lokasi pesawat hercules yang jatuh di Papua.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Duka mendalam menyelimuti pangkalan TNI Abdurrahman Saleh Malang. Pesawat Hercules rute Timika-Wamena dikabarkan hilang kontak dan jatuh di Papua pada Minggu pagi (18/12) sekira pukul 06.09 WIT. Pesawat hilang kontak itu berjenis Hercules C-130, A-1334 yang dipiloti Pnb Marlon A. Kawer dengan rute Timika-Wamena-Jayapura-Biak pulang pergi.

Informasi dari Pentak Lanud Abd Saleh menyebutkan, Pesawat mengangkut sembako dan bahan bangunan berupa semen dengan berat muatan 12 ton.

Akibat kejadian ini, pengoperasian pesawat Hercules milik Lanud Abdurrahman Saleh untuk sementara dihentikan. Komandan Lanud Abd Saleh, Marsma RM Djoko Senoputro mengatakan pemberhentian sementara itu sesuai instruksi pimpinan dari pusat. “Kami menunggu perintah lebih lanjut,” ungkapnya.

Menurutnya, pesawat Hercules yang mengalami kecelakaan dan menewaskan 13 personil kru pesawat itu sudah berusia 64 tahun. Pesawat tersebut hibah dari Australia dan baru diterima Lanud Abd Saleh pada 2015. Diperkirakan yang jatuh itu karena faktor cuaca. “Cuaca pagi hari sebenarnya bagus, tetapi runway yang kurang baik karena ada kabut,” imbuhnya.

Pesawat Hercules terebut berangkat untuk menjalankan misi pada hari Sabtu (17/12) dan seharusnya kembali ke Abd Saleh Rabu besok, 21 Desember 2016. “Kondisi pesawat sebelum terbang saat dilakukan pengecekan masih dalam kondisi sangat bagus, mesin maupun pilot selalu dicek sesuai protap yang ada,” terang Djoko.

Djoko lebih lanjut mengatakan, seluruh jenazah akan dibawa ke Malang menggunakan pesawat Boeing, Minggu (18/12). “Jika tidak ada halangan jenazah para korban diprediksi tiba di Malang pada malam hari. Sekarang ini semua kru (korban) sudah masuk kantong mayat,” kata dia.

Dia mengaku belum tahu detail kondisi jenazah korban. Dia berharap kondisi jenazah masih bisa dikenali. Rencananya pihak Lanud Abd Saleh akan memakamkan jenazah di Taman Makam Pahlawan Untung Suropati di Kota Malang. Namun, pihaknya juga mempertimbangkan keinginan keluarga korban.” Akan tetapi semua rencana itu juga tergantung keluarga, mau dimakamkan di mana,” ujarnya.

Menurutnya, track record pilot Mayor Pnb Marlon A Kawer selama ini cukup baik.

“Kami sudah mencegah semua hal. Kalau ada kekurangan, kami tidak bisa menyalahkan trakdir, semoga seluruh kru (12 orang) yang menjadi korban dan meninggal dunia arwahnya diterima disisi Allah SWT,” pungkas joko. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO