Selasa, 17 September 2019 12:26

Pasca Penggeledahan KPK di Jombang (1), Pintu untuk Usut Dugaan Korupsi Berjamaah Pemkab dan DPRD

Senin, 05 Desember 2016 22:55 WIB
Pasca Penggeledahan KPK di Jombang (1), Pintu untuk Usut Dugaan Korupsi Berjamaah Pemkab dan DPRD
Petugas KPK membawa koper besar berisi dokumen saat keluar dari ruang kerja Sekda Jombang, Ita Triwibawati, Senin (5/11). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pernyataan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Jombang, Ita Triwibawati, terkait penggeledahan oleh penyidik KPK (Komisi Pemberatasan Korupsi) langsung menuai sejumlah tanda tanya besar di masyarakat.

Pasalnya orang nomor tiga di Jombang ini mengatakan bahwa penggeledahan itu bukan terkait dugaan kasus korupsi di Nganjuk, melainkan terkait sejumlah kegiatan di Jombang yang terindikasi menyalahi tindak pidana korupsi.

Lalu, apakah hal ini menjadi titik balik terbongkarnya dugaan korupsi yang selama ini baunya terendus tajam namun sulit terungkap? Berikut penelusuran Bangsaonline.com.

Senin (5/12) pagi, kedatangan rombongan penyidik KPK ke ruang kerja Sekda Jombang, sontak membuat geger warga kota seribu pesantren. Enam penyidik KPK yang mengendarai tiga unit minibus ini langsung bergerak cepat.

Dengan pengawalan ketat personil kepolisian bersenjata lengkap, rombongan dibagi menjadi dua tim. Satu tim melakukan penggeledahan di ruang kerja Sekda, satu lagi menyisir ruangan bagian pembangunan.

Penggeledahan berlangsung sekitar 3,5 jam dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Belum bisa diketahui secara gamblang, apa saja yang berhasil diamankan sebagai barang bukti dan kasus mana yang sedang diselidiki.

Namun yang pasti, penyidik mengamankan satu koper, satu kardus serta satu tas plastik berisi dokumen penting yang disinyalir sebagai barang bukti. Penyidik KPK sendiri enggan memberikan keterangan resmi terkait tugasnya dalam pemberantasan tindak pidana korupsi tersebut.

Dalam waktu yang bersamaan pula, di Kabupaten Nganjuk KPK juga melakukan penggeledahan di rumah dinas Bupati Nganjuk, H. Taufiqurrahman, yang juga suami dari Sekda Jombang.

Taufiqurrahman ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan rekening gendut dan penyalahgunaan wewenang dalam penyelenggaran APBD tahun 2009 hingga 2015 yang merugikan keuangan negara.

Joko Fatah Rochim salah, satu pegiat anti korupsi di Jombang mengaku menaruh apresiasi cukup besar atas kedatangan tim penyidik KPK.

"Saya cukup bangga dengan kedatangan KPK ke Jombang. Saya berharap kedatangan KPK mampu membongkar semua indikasi korupsi yang selama ini sudah kerap kami laporkan tapi belum pernah terungkap," tegas Fatah panggilan akrabnya.

Fatah menanggapi pernyataan Sekda Jombang Ita Triwibawati yang menyebut jika penggeledahan di Jombang tidak ada hubungan dengan penggeledahan KPK di Nganjuk. Menurutnya, jika menilik penggeledahan KPK yang dipusatkan di ruangan bagian pembangunan, maka KPK sedang mencari bukti tentang penyelewengan dana Jasmas (Jaring Aspirasi Masyarakat).

"Yang masyarakat perlu ketahui, bagian pembangunan itu urusannya terkait jasmas-nya dewan," tambah Fatah.

Pihaknya juga mengaku pernah melaporkan adanya penyalahgunaan Jasmas dewan ke kejaksaan, tapi tidak pernah direspon.

Dengan adanya penggeledahan di bagian pembangunan ini, Fatah berharap sinyalemen tentang penyelewengan dana jasmas bisa terungkap.

Terkait penggeledahan ruang kerja Sekda, secara otomatis menurut kacamata Fatah, hal itu untuk mencari bukti pendukung. (bersambung) (dio/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...