Pemkab Perlu Perbaiki Pengelolaan Pariwisata untuk Dongkrak PAD di Pacitan

Pemkab Perlu Perbaiki Pengelolaan Pariwisata untuk Dongkrak PAD di Pacitan Effendi Budi Wirawan

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Pacitan selama ini banyak dikenal sebagai daerah tujuan wisata lantaran memang berbagai destinasi wisata banyak dijumpai di daerah berpenduduk sekitar 500 ribu jiwa tersebut. Namun demikian, pengelolaan objek-objek wisata di Pacitan dipandang masih perlu banyak penyempurnaan.

Hal ini diungkapkan H. Effendi Budi Wirawan, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pacitan. "Kami sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Pemkab Pacitan melalui SKPD terkait, dalam mengembangkan potensi-potensi pariwisata. Akan tetapi, masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi lagi," ujar Effendi dalam siaran persnya, Rabu (30/11).

Menurut dia, potensi pariwisata di Pacitan, diakuinya cukup banyak. Mulai pantai, goa, serta berbagai destinasi lainnya yang dipandang sangat berpotensi sebagai pendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Akan tetapi, harus diakui, komposisi PAD di Pacitan masih didominasi dari sektor lain.

"Ini yang semestinya diperhatikan oleh banyak pihak. Bagaimana sektor pariwisata dapat dikelola secara lebih baik agar berdampak secara ekonomi bagi masyarakat," tutur.

Akan tetapi, lanjutnya, pengembangan dan pengelolaan pariwisata di Pacitan, juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain. Seperti halnya masuknya budaya luar, yang berpotensi merusak moralitas generasi bangsa. Persoalan tersebut juga tidak boleh dikesampingkan, meski di lain sisi pengembangan pariwisata memang harus berjalan secara masif.

"Jangan sampai dengan pengembangan dan pengelolaan pariwisata secara masif, akan merusak budaya lokal yang selama ini sangat dipelihara," tegas pentolan Partai Golkar, tiga periode itu.

Menurut Effendi, pengelolaan semua objek wisata di Pacitan sudah sangat baik. "Hanya perlu penyempurnaan, agar lebih berdampak terhadap roda ekonomi masyarakat," pungkasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO