Mantan Sekda Gresik Kembali Pimpin PMI

Mantan Sekda Gresik Kembali Pimpin PMI Mantan Sekda Gresik, M. Nadjib saat dinobatkan jadi Ketua PMI Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Moh. Nadjib dikukuhkan sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gresik masa bakti Tahun 2016-2021 dalam Musyawarah Kabupaten (Muskab). Pengukuhan Nadjib tersebut dilaksanakan oleh Ketua PMI Jawa Timur, Edi Purwanto di Gedung Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik, Selasa (29/11).

Terpilihnya Nadjib sebagai ketua karena mantan Sekretaris Kabupaten Gresik ini berhasil membangun menjadi seperti sekarang ini.

Prestasi yang tampak selama Nadjib memimpin pada 2011 hingga 2021 yaitu berhasil membangun Gedung yang lebih representatif serta menambah sarana dan prasarana PMI dengan peralatan yang lebih canggih. “Ada peningkatan jumlah tranfusi darah dibanding tahun 2011 yang hanya 2.035, sedangkan pada tahun 2016 mencapai 5.751.

Demikian juga jumlah pendonor yang meningkat tajam. Pada awal dia menjabat yakni tahun 2011 jumlahnya masih 13.235 pendonor, namun pada tahun 2016 jumlah pendonor sudah meningkat menjadi 23.400 pendonor. “Saat ini telah mendistribusikan darah kepada 19 Kabupaten kota pada 31 rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang lain,” jelas Nadjib.

Menanggapi laporan Nadjib, Ketua PMI Jatim, Edi Purwanto menyarankan agar seluruh PMI di wilayah Provinsi Jawa Timur untuk mendistribusikan darahnya sampai keluar daerah. “Kalau perlu distribusi darah sampai keluar Provinsi,” pintanya.

Permintaan Edi ini beralasan, menurutnya saat raker PMI se-Jawa Timur beberapa saat yang lalu masih ada temuan yakni 1,9 persen darah tidak terdistribusi. Memang dari sisi persentase kecil, namun sayang kalau darah sudah diproduksi dari pendonor tapi tidak terpakai.

Sementara Wabup Gresik, Moh. Qosim menyatakan bangga dengan kinerja pada periode 2011-2016.

“Kami menyatakan kinerja Pak Nadjib ini sukses. Karena dari target 20 ribu pendonor sampai Desember 2016. Namun pada Oktober 2016 target itu sudah terpenuhi. Semoga ke depan PMI semakin baik dan semakin bermanfaat bagi masyarakat Gresik,” ujarnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO