Senin, 19 November 2018 11:12

Kampung Jamur Nyaris Gulung Tikar, Bikin Resto Jamur

Kamis, 15 September 2016 10:17 WIB
Editor: choirul
Wartawan: rizky alvian
Kampung Jamur Nyaris Gulung Tikar, Bikin Resto Jamur
Resto Jamur Fatiha di Kampung Jamur Wadung Asih. Foto: rizky alfian/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Kampung Jamur Wadung Asih yang diresmikan tahun 2010 lalu, sudah kehilangan daya tariknya bagi wisatawan, dan petani jamur pun menyusut tajam.

Namun tidak demikian bagi Narto, satu petani jamur. Untuk mempertahankan budi daya jamur, dia membuka resto jamur. Sejak meredupnya nama kampung jamur dari wisatawan lokal, dia termotivasi membuka resto di dekat daerah rumahnya. Resto miliknya diberi nama resto jamur Fatiha ini buka tiap hari mulai pukul 16.00, dan memekerjakan 4 karyawan.

Dirinya mengaku langkah ini tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan, selain membudidaya jamur yang tetap ditekuni untuk disuplai ke beberapa pedangang sayuran, serta pesanan dari warga lokal.

Dia mengaku, restonya cukup ramai pembeli, khususnya Sabtu dan Minggu. “Ada komunitas touring bersinggah untuk membeli makanan jamur dan minuman, bahkan sampai dini hari,” kata dia.

Guna menghidupkan restonya, ada pelanggan yang menginginkan nobar di restonya. Tapi permintaan ini tidak segera direalisasikan, karena restonya terlalu dekat pemukiman.

Anggres, satu pelanggan mengatakan, tak banyak resto harga rakyat yang menyajikan makanan bahan dasar jamur. “Bisa dibuat tempat nongkrong baru bersama teman-teman. Apalagi menunya ada yang berbahan dasar jamur, jadi cocok bisa meningkatkan kembali nama kampung jamur,” ujarnya. (rizky alvian/UTM)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Minggu, 18 November 2018 03:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wayad’u al-insaanu bialsysyarri du’aa-ahu bialkhayri wakaana al-insaanu ‘ajuulaan (11).Ayat studi ini mengingatkan, betapa watak dasar manusia itu tak sabaran, maunya segera terwujud ap...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...