Rabu, 17 Juli 2019 12:44

Kampung Jamur Nyaris Gulung Tikar, Bikin Resto Jamur

Kamis, 15 September 2016 10:17 WIB
Editor: choirul
Wartawan: rizky alvian
Kampung Jamur Nyaris Gulung Tikar, Bikin Resto Jamur
Resto Jamur Fatiha di Kampung Jamur Wadung Asih. Foto: rizky alfian/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Kampung Jamur Wadung Asih yang diresmikan tahun 2010 lalu, sudah kehilangan daya tariknya bagi wisatawan, dan petani jamur pun menyusut tajam.

Namun tidak demikian bagi Narto, satu petani jamur. Untuk mempertahankan budi daya jamur, dia membuka resto jamur. Sejak meredupnya nama kampung jamur dari wisatawan lokal, dia termotivasi membuka resto di dekat daerah rumahnya. Resto miliknya diberi nama resto jamur Fatiha ini buka tiap hari mulai pukul 16.00, dan memekerjakan 4 karyawan.

Dirinya mengaku langkah ini tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan, selain membudidaya jamur yang tetap ditekuni untuk disuplai ke beberapa pedangang sayuran, serta pesanan dari warga lokal.

Dia mengaku, restonya cukup ramai pembeli, khususnya Sabtu dan Minggu. “Ada komunitas touring bersinggah untuk membeli makanan jamur dan minuman, bahkan sampai dini hari,” kata dia.

Guna menghidupkan restonya, ada pelanggan yang menginginkan nobar di restonya. Tapi permintaan ini tidak segera direalisasikan, karena restonya terlalu dekat pemukiman.

Anggres, satu pelanggan mengatakan, tak banyak resto harga rakyat yang menyajikan makanan bahan dasar jamur. “Bisa dibuat tempat nongkrong baru bersama teman-teman. Apalagi menunya ada yang berbahan dasar jamur, jadi cocok bisa meningkatkan kembali nama kampung jamur,” ujarnya. (rizky alvian/UTM)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...