Minggu, 19 Agustus 2018 12:30

Kampung Jamur Nyaris Gulung Tikar, Bikin Resto Jamur

Kamis, 15 September 2016 10:17 WIB
Editor: choirul
Wartawan: rizky alvian
Kampung Jamur Nyaris Gulung Tikar, Bikin Resto Jamur
Resto Jamur Fatiha di Kampung Jamur Wadung Asih. Foto: rizky alfian/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Kampung Jamur Wadung Asih yang diresmikan tahun 2010 lalu, sudah kehilangan daya tariknya bagi wisatawan, dan petani jamur pun menyusut tajam.

Namun tidak demikian bagi Narto, satu petani jamur. Untuk mempertahankan budi daya jamur, dia membuka resto jamur. Sejak meredupnya nama kampung jamur dari wisatawan lokal, dia termotivasi membuka resto di dekat daerah rumahnya. Resto miliknya diberi nama resto jamur Fatiha ini buka tiap hari mulai pukul 16.00, dan memekerjakan 4 karyawan.

Dirinya mengaku langkah ini tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan, selain membudidaya jamur yang tetap ditekuni untuk disuplai ke beberapa pedangang sayuran, serta pesanan dari warga lokal.

Dia mengaku, restonya cukup ramai pembeli, khususnya Sabtu dan Minggu. “Ada komunitas touring bersinggah untuk membeli makanan jamur dan minuman, bahkan sampai dini hari,” kata dia.

Guna menghidupkan restonya, ada pelanggan yang menginginkan nobar di restonya. Tapi permintaan ini tidak segera direalisasikan, karena restonya terlalu dekat pemukiman.

Anggres, satu pelanggan mengatakan, tak banyak resto harga rakyat yang menyajikan makanan bahan dasar jamur. “Bisa dibuat tempat nongkrong baru bersama teman-teman. Apalagi menunya ada yang berbahan dasar jamur, jadi cocok bisa meningkatkan kembali nama kampung jamur,” ujarnya. (rizky alvian/UTM)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...