Jemaah Haji Sumenep Tiba di Kota Mekkah

Jemaah Haji Sumenep Tiba di Kota Mekkah

MEKKAH, BANGSAONLINE.com - Jemaah Calon Haji (calhaj) kloter 1 embarkasi Surabaya dari Kabupaten Sumenep telah sampai di Kota Mekah kemarin, Kamis (18/8). Mereka langsung dibawa menuju Hotel Al Gozali Barokah yang berada di wilayah Mahbas Jin, sebagai tempat tinggal untuk satu bulan kedepan.

Setelah mendapat kamar masing-masing, Jamaah calhaj kloter 1 Embarkasi Surabaya, melanjutkan berangkat ke Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah umrah dan ihram. Dengan mengendarai bus khusus trayek mahbas jin ke terminal bab ali masjidil haram yang sudah disediakan. Bus tersebut berkapasitas sekitar 60 tempat duduk dengan stiker body bus bertuliskan Indonesia cukup besar berkode nomor 4.

Perjalanan ke Masjidil Haram dengan bus ini ditempuh tidak sampai 10 menit. Jalur yang ditempuh melewati terowongan yang panjangnya hampir 2 km menembus pegunungan batu. Temperatur udara saat itu cukup bersahabat, sekitar 32 derajat Celsius.

Sesampainya di Masjidin Haram jemaah calhaj dipandu Muttowif Hujjaj dan langsung melakukan Tawaf, dengan 7 kali mengelilingi kabah mulai Hajar Aswad dan diakhiri dengan sholat sunnah di area Maqom Ibrahim.

Kemudian dilanjutkan dengan sa`i, yakni berjalan dan berlari kecil antara bukit sofa dan marwah, sebanyak 7 kali. Jarak antara 2 bukit tersebut sekitar 450 meter. Sehingga jarak total yang ditempuh dalam ibadah sa`i ini sekitar 3,1 km. Setelah itu JCH melanjutkan dengan tahalul, atau mencukur rambut di bukit Marwah.

Ibadah Towaf dan Sa`i yang dilakukan JCH kloter 1 embarkasi Surabaya berjalan lancar. Dimulai pukul 20.30 waktu Mekah atau 00.30 WIB, dan selesai sekitar pukul 24.00 waktu mekah atau pukul 04.00 WIB. Terdapat 3 jamaah di kloter 1 yang terpaksa melakukan proses Tawaf dan Sai dengan kursi roda karena sakit yang dideritanya. (ssn/ros)

Sumber: suarasurabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO