Gandeng LIPI, Kenalkan Pupuk Organik untuk Tingkatkan Hasil Pertanian di Gresik

Gandeng LIPI, Kenalkan Pupuk Organik untuk Tingkatkan Hasil Pertanian di Gresik Anggota Komisi VII DPR RI, Eni Maulani S, bersama Deputi CSS LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto saat desiminasi hasil penelitian. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Terus menurunnya minat petani di Kabupaten Gresik untuk bertanam menjadi perhatian serius anggota FPG DPR RI, Eni Maulani. S. Menurunnya minat petani sendiri karena hasil yang didapatkan tidak sebanding dengan biaya (cost) yang dikeluarkan.

Untuk itu Anggota Komisi VII (bidang ESDM) ini melakukan berbagai cara untuk menggeliatkan semangat petani untuk bertani. Seperti yang dilakukan Eni, Kamis (4/8). Politisi Golkar asal Dapil X (Gresik dan Lamongan) ini dengan menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan "Diseminasi Hasil-Hasil Penelitian" di gedung penyuluh Kabupaten Gresik, di Jalan Dr. Wahidin SH.

Hadir dalam kegiatan tersebut selain Eni Maulani S, Deputy Chairman for Scientific Services LIPI, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, Kepala Disperta Pemkab Gresik, Ir. Agus Djoko Waluyo dan Sekretaris Bapelu, Agus Prambudi.

Eni menyatakan, dalam diseminasi tersebut, Bambang Subiyanto memberikan ilmu soal pembuatan dan manfaat pupuk ramah lingkungan, yaitu pupuk organik. Pupuk tersebut dibuat dari bahan-bahan alami (non kimia).

"Kami ingin dengan kegiatan tersebut bisa menumbuhkan semangat masyarakat untuk bertani. Mereka tidak harus masyarakat petani. Masyarakat umum lain juga bisa berwirausaha," tuturnya.

Eni mengakui, bahwa tren minat masyarakat untuk bertani di Indonesia menurun. Seperti halnya di Kabupaten Gresik. Kondisi ini dipicu oleh beberapa faktor. Di antaranya, secara ekonomis petani selalu merugi, karena biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan.

"Karena saya dari Komisi VII merasa terpanggil untuk menggandeng LIPI agar memberikan ilmu kepada masyarakat agar kembali menyukai pertanian," jelas Eni.

Untuk meyakinkan kalau pupuk organik hasil LIPI ini bisa membuahkan hasil yang baik, pihaknya akan membuat pilot project di Gresik. "Saya akan siapkan lahan antara 2-5 hektar untuk uji coba pupuk organik tersebut. Sehingga, petani di Gresik bisa tahu hasilnya dan bisa mencontoh," katanya. " Kita juga akan lakukan panen raya," sambungnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO