Jelang Ramadhan 1437 Hijriah, Makam Gus Dur Makin Dipadati Peziarah

Jelang Ramadhan 1437 Hijriah, Makam Gus Dur Makin Dipadati Peziarah Suasana makam Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Sabtu (28/5). foto: rony suhartomo/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Peziarah di makam mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di komplek Pondok Pesantren , Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, meningkat menjelang Ramadhan 1437 Hijriah.

Mudir Pondok Pesantren Jombang, H. Lukman Hakim (56), menjelaskan, peningkatan jumlah peziarah yang terjadi sejak menjelang bulan Ramadhan berkisar 10.000 orang per hari. Pada hari biasa, jumlah peziarah berkisar 5.000 orang per hari, kecuali pada hari libur, Minggu, atau Jumat Legi.

"Peningkatan jumlah peziarah sudah terjadi sejak sebulan lalu," kata Lukman, Sabtu (28/5).

Ia menjelaskan, peziarah berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Peziarah tidak hanya berasal dari Jawa dan Madura, tetapi juga Kalimantan dan Sumatera.

Mereka, tidak hanya datang secara berombongan dengan menggunakan bus dan kendaraan umum, tetapi juga kendaraan pribadi roda empat dan roda dua.

Hajah Waridatul (52), peziarah asal Sidoarjo mengatakan, dia datang bersama rombongan dengan mengunakan dua bus. Selain ke makam Gus Dur, Warida bersama rombongan juga ziarah ke makam tokoh NU lainnya.

Warida mengungkapkan, tradisi ziarah kubur ini untuk mendapatkan barokah walialloh dan barokah agar ketika puasa di bulan Ramadhan nanti diberi kesehatan. "Yang terpenting lagi bisa menjadi pengingat bahwa semua yang hidup kelak akan mati," kata Warida. (ony/dio/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO