Dukungan Kemerdekaan Palestina terus Mengalir, Menlu: Draf Resolusi dan Deklarasi Jakarta Rampung

Dukungan Kemerdekaan Palestina terus Mengalir, Menlu: Draf Resolusi dan Deklarasi Jakarta Rampung Presiden Joko Widodo dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas berjabat tangan saat bertemu dalam acara KTT LB OKI di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (6/3). foto: merdeka.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Mengawali kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) ke-5 Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Mahmoud Abbas. Pertemuan ini dilaksanakan di Ruang Kakatua Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (6/3).

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sebagai saudara dekat , merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT LB ke-5 OKI. Terlebih dalam KTT kali ini fokus pembahasannya adalah mengenai dan Al Quds Al-Sharif.

Menurut Presiden Jokowi, KTT ini merupakan bentuk dukungan penuh serta solidaritas Indonesia dan OKI terhadap .

"Saya harap KTT ini mendorong persatuan negara-negara anggota OKI dalam mendukung kemerdekaan dan menyelesaikan isu Al-Quds Al Sharif," kata Presiden.

Presiden berharap negara-negara Islam dapat berperan lebih banyak dalam proses perdamaian -Israel. Dan Indonesia siap untuk berperan dalam proses perdamaian.

Dukungan Indonesia atas kemerdekaan , lanjut Presiden, akan dilaksanakan sesuai kerangka two-state solution dan sejalan dengan berbagai resolusi PBB yang relevan.

Indonesia mendukung berbagai terobosan, inisiatif untuk menyelenggarakan konferensi tentang perdamian .

Presiden berharap konferensi OKI di Jakarta kali ini akan dapat memberikan solusi konkrit. Indonesia akan terus berpartisipasi untuk mendukungnya.

Dan untuk mendukung hal ini, Presiden menyatakan bahwa persatuan bangsa merupakan hal yang mendasar. Indonesia akan mendorong semua faksi untuk bersatu guna mewujudkan kemerdekaan .

Dalam pertemuan dengan Presiden , Mahmoud Abbas tersebut, Presiden didampingi Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi menyampaikan tiga poin, pertama mendukung perjuangan kemerdekaan sesuai dengan kerangka two state solution dan berbagai resolusi PBB yang relevan.

Kedua, Presiden Jokowi akan menyampaikan dukungan kemerdekaan yang terus dilakukan Indonesia sebagai cerminan komitmen dukungan rakyat Indonesia bagi saudara-saudaranya di . Poin ketiga yang disampaikan Presiden Jokowi yaitu hasil yang diharapkan KTT Luar Biasa OKI tentang Al-Quds Al-Sharif.

Sumber: merdeka.com/detik.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO