Buka O2S PGRI, Gubernur Khofifah Tekankan Pentingnya Keseimbangan Penguasaan Sains hingga Seni

Buka O2S PGRI, Gubernur Khofifah Tekankan Pentingnya Keseimbangan Penguasaan Sains hingga Seni Gubernur Khofifah saat membuka Olimpiade Olahraga dan Seni PGRI. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur membuka gelaran Olimpiade Olahraga dan Seni (O2S) Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah (YPLP Dasmen) Jawa Timur, Selasa (26/9/2023). Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ke depan ini merupakan kali pertama digelar dan akan diikuti oleh segenap sekolah se-Jawa Timur.

Secara khusus, mantan Menteri Sosial itu mengapresiasi ajang tersebut karena menyinkronkan pergerakan antara otak kanan dan kiri. Pasalnya, O2S Jawa Timur menyatukan semangat sains, olahraga, dan seni.

"Ini proses yang membangun semangat untuk terus berprestasi baik di bidang olimpiade sains, olahraga dan seni. Ini menjadi penting untuk memberseiringkan antara otak kanan dan kiri, sehingga memberikan ruh yang lebih humanis," ujarnya.

Gubernur menuturkan, selama ini merupakan kekuatan yang telah memberikan kontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dengan sangat signifikan di Jawa Timur. Berdasarkan data BPS, capaian IPM di Jatim pada 2022 tembus 72,75 persen atau mengalami kenaikan 0,61 poin (tumbuh 0,85 persen) dari capaian 2021.

Adapun totalnya ialah 1.384 sekolah dan 24 Perguruan Tinggi, disebutnya memiliki banyak keunggulan, terutama dengan berbagai produk yang diciptakan oleh SMK .

"Makanya saya tadi usul untuk ke depannya, bisa secara khusus mendisplay pameran produk dari SMK untuk menginspirasi. Di berbagai tempat yang saya kelilingi, memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang sangat luar biasa," kata .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO