Bondowoso Gelar Festival Duren dan Alpukat

Bondowoso Gelar Festival Duren dan Alpukat Persiapan festival buah lokal. Foto: yogik/BangsaOnline.com

BONDOWOSO (BangsaOnline) - Rendahnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi buah lokal disikapi serius oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pertanian Bondowoso, dengan menggelar Festival Buah Durian dan Alpukat Lokal.

“Pada dasarnya kita ingin menggali potensi buah lokal utamanya yang saat ini sedang musim. Buah kita ternyata banyak yang kualitasnya bagus sekali. Nantinya setelah ini akan kami kembangkan sebagai pohon induk,” Ujar H Hindarto, Kepala Dinas Pertanian Bondowoso kepada BangsaOnline.com, Minggu (22/3).

Hindarto mengatakan, festival ini digelar untuk mempromosikan kualitas buah lokal Bondowoso. Sebab menurutnya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa buah lokal memiliki kualitas yang sangat baik dibanding buah impor.

Namun kata, mantan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan ini, bahwa pengembangan potensi buah lokal di Bondowoso lebih lambat dibanding kabupaten lain. Sebab hal tersebut dikarenakan Dinas Pertanian memiliki prioritas utama di bidang pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Namun meski begitu, Hindarto mengungkapkan saat ini buah lokal Bondowoso telah mampu bersaing dengan berbagai buah impor di luar daerah.

“saat ini buah local kita seperti buah durian (duren) dan alpokat tidak kalah bersaing dengan buah import yang masuk kebondowoso,” tambahnya

Dalam acara Festival Buah Lokal Bondowoso ini diikuti oleh petani buah yang tersebar di 23 kecamatan. Ada ratusan produk hortikultura yang dipamerkan dan dijual dalam festival kali ini.

Selain memamerkan berbagai buah lokal mulai dari durian, alpukat, labu, rambutan, sirsak, apel, tomat dan buah naga, festival ini juga menggelar kontes durian dan alpukat unggulan yang diikuti hampir 100 petani buah.

Berdasarkan data Dinas Pertanian, produksi buah lokal di Bondowoso setiap tahun terus mengalami peningkatan. Misalnya saja untuk tahun 2014 lalu, produksi buah durian di Bondowoso mencapai 11 ribu ton. Sementara buah alpukat mencapai 12 ribu ton per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO