Tingkatkan Keterampilan Masyarakat, Pemkab Bondowoso Kebut BLK Berstandar Nasional

Tingkatkan Keterampilan Masyarakat, Pemkab Bondowoso Kebut BLK Berstandar Nasional Said Amin Husni, Bupati Bondowoso.

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Berbagai macam cara yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk meningkatkan skill/kemampuan latihan kerja terhadap masyarakat Bondowoso. Upaya tersebut salah satunya untuk ketersediaan Balai Latihan Kerja (BLK) berstandart nasional

Empat tahun yang lalu, Balai Latihan Kerja (BLK) ini yang dibangun serta diresmikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A. Muhaimin Iskandar itu, adalah bentuk upaya Pemerintah Kabupaten antara pihak Pemkab dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso, guna mendorong meningkatkan keterampilan masyarakat untuk mendorong terciptanya lapangan pekerjaan dengan tenaga kerja yang handal.

"Mudah-mudahan secepatnya BLK di sini bisa terakreditasi standar nasional tahun 2017 ini. Karena kami juga merencanakan akreditasi pada tahun ini dan paling lambat pada 2018, sehingga saat ini pembangunan dan sarana prasarana mulai dibangun secara bertahap," ujar Bupati Bondowoso, Said Amin Husni, kemarin.

Kata Politisi asal PKB ini, untuk mencapai standar nasional ada beberapa hal yang harus dipenuhi bagi BLK milik pemerintah kabupaten itu di antaranya, sarana dan prasarana mulai dari peralatan hingga pemenuhan kualitas sumber daya manusia atau SDM.

"BLK ini kan mandiri, dibangun atas inisiatif pemerintah kabupaten, tentu berbeda dengan kabupaten lain yang dibangun oleh Pemerintah Pusat ketika dibangun langsung lengkap sarana dan prasarananya dan berstandar nasional, tentu harus bertahap untuk melengkapi, sehingga bisa terakreditasi berstandar nasional," paparnya.

Namun menurut Ketua IKA PMII Jatim itu, untuk melengkapi fasilitas di Balai Latihan Kerja, Pemkab terus membenahi berbagai fasilitas yakni di antaranya aula, gedung pelatihan mekanik, pelatihan komputer dan gedung pelatihan bahasa.

"Semoga tidak terlalu lama BLK ini sudah berstandart nasional, Selain itu, pemerintah kabupaten juga akan terus berupaya memenuhi kualifikasi instruktur BLK yang juga berstandar nasional," pungkasnya. (gik/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO