Kamis, 29 Juli 2021 09:38

DPMPTSP dan Naker Tuban Bakal Berangkatkan 4 Keluarga Program Transmigrasi, Begini Persyaratannya

Kamis, 10 Juni 2021 20:30 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
DPMPTSP dan Naker Tuban Bakal Berangkatkan 4 Keluarga Program Transmigrasi, Begini Persyaratannya
Kepala Dinas PMPTSP dan Naker Tuban Endah Nurul Komariyati. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP dan Naker) telah membuka pendaftaran pemberangkatan program transmigrasi 2021.

Program pemerintah sebagai pembangunan kawasan transmigrasi 2021 ini dengan tujuan Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Sudah ada beberapa peminat, namun kami sedang dalami lagi. Minimal 4 KK yang bakal kami kirim untuk mengikuti program transmigrasi ini," ujar Kepala Dinas PMPTSP dan Naker Tuban Endah Nurul Komariyati saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Kamis (10/6/2021).

Endah Nurul menjelaskan, bahwa keluarga yang mengikuti program transmigrasi akan mendapat pelatihan, fasilitas, dan pembiayaan dari negara. Karena itu, perlu ada komitmen dari awal bagi calon transmigran. Dengan begitu, masyarakat yang dikirim benar-benar memiliki keinginan kuat dan bersedia menetap di sana.

BACA JUGA : 

Masa Berlaku SIM Habis Saat PPKM, Masyarakat Tuban Masih Bisa Urus Perpanjangan

BPNT Belum Cair Selama Tujuh Bulan, 15 KPM Luruk Dinsos Tuban

Kuatkan Perekonomian Masyarakat, PT SBI Tuban Salurkan Stimulan bagi Perempuan Sekitar Pabrik

Terkait Temuan Mensos Risma Soal BPNT yang Hanya Cair 2 Bulan, Begini Tanggapan Kadinsos P3A Tuban

"Jangan sampai setelah sampai di lokasi transmigrasi mereka tidak betah dan minta pulang," imbuhnya.

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini menuturkan, ada sejumlah fasilitas yang telah disediakan pemerintah untuk dimanfaatkan calon transmigran. Di antaranya, rumah dan lahan seluas 2 hektare yang dapat dikelola untuk perkebunan atau persawahan.

"Kalau sudah 3 tahun betah di sana mereka akan mendapat tanah sertifikat seluas 2 hektare atas nama yang bersangkutan," timpal Endah.

Dia mengakui, bahwa para transmigran asal Kabupaten Tuban lebih menyukai tujuan Kalimantan daripada Sulawesi. Sebab, transportasinya lebih mudah dari Bandara Juanda, Sidoarjo.

Adapun syarat untuk bisa mengikuti program transmigrasi ini, kata Endah, adalah sudah berkeluarga. "Kalau masih bujang tidak boleh. Adapun administrasi pindah kependudukan akan kami bantu uruskan termasuk KTP dan KK," tutupnya. (gun/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...