Kamis, 29 Juli 2021 15:00

Polres Gresik dan Labfor Polda Jatim Selidiki Penyebab Ledakan Tangki PT CAS yang Tewaskan 5 Pekerja

Rabu, 09 Juni 2021 19:56 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Polres Gresik dan Labfor Polda Jatim Selidiki Penyebab Ledakan Tangki PT CAS yang Tewaskan 5 Pekerja
Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat memberikan keterangan pers. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres Gresik bersama Tim Labfor Polda Jatim saat ini tengah bekerja sama menyelidiki penyebab meledaknya tangki yang sedang dikerjakan oleh kontraktor PT Citra Adi Sarana (CAS) Indonesia di Jalan Dharmo Sugondo Kelurahan Indro, Kecamatan Kebomas, Selasa (8/6/2021) petang.

Ledakan tangki tersebut mengakibatkan 5 orang pekerja yang sedang melakukan pengelasan tewas dan 2 orang pekerja lainnya mengalami luka bakar berat. Korban dibawa ke Rumah Sakit (RS) Semen Gresik dan RSUD Ibnu Sina.

Kelima korban tewas, yakni Septianingrum Dwi Putri (26), Warga Dusun Budimulya, Desa Branggahan, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri; Yohanes Sahputra (22), Warga Dusun Bunder, Desa Margoanyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan; Mohammad Andik (32), Warga Jalan Awikoen Tirta Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik; Muhammad Burhanudin Alansori (22), Warga Desa Surodakan; dan Ibnu Athoillah (21), Warga Desa Parakan, Kecamatan/Kabupaten Trenggalek.

Sementara yang mengalami luka berat berupa luka bakar yakni Nur Kholik (35), Warga Jalan Usman Sadar Kelurahan Sukorame, Kecamatan Gresik, dan Ali Sofyan (25), Warga Mulyorejo Kabupaten Tulungagung.

BACA JUGA : 

Gandeng Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min, KWG Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Terdampak Covid-19

Kapolda Jatim dan Pangdam Cek PPKM Level IV di Gresik

AKD dan Forkopimcam Manyar Door to Door ke Perusahaan Cari Tabung Untuk Bantu Warga Terpapar Covid

Jelang Masuki Masa Pensiun, Kadinsos Gresik Maksimalkan Penuntasan Tugas Pelayanan Masyarakat

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat memberikan keterangan pers di Mapolres Gresik, Kamis (9/6/2021), menduga korban meninggal dunia akibat ledakan dari sebuah tabung (tangki).

(Korban meninggal saat dimasukkan ke ambulans/foto: ist)

Menurut kapolres, ledakan terjadi diduga berawal pekerja kontraktor melakukan pengelasan tangki. Pada saat pengelasan itulah tiba-tiba tangki meledak. "Ini tengah kami selidiki untuk memastikan penyebab ledakan tersebut yang mengakibatkan 5 orang meninggal dunia dan 2 orang luka berat," terangnya.

Langkah awal, pihaknya masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi. "Saat ini tangki masih didalami. Apa isinya kosong atau sudah terisi karena masih tahap pembangunan," beber Mantan Kapolres Ponorogo tersebut.

Ditambahkan Kapolres Gresik, untuk 5 korban tewas sudah dilakukan autopsi di RS, sementara hasil visum masih menunggu. "Termasuk korban luka masih mendapatkan perawatan intensif di RSUD Ibnu Sina," pungkasnya.

Sekadar diketahui, kecelakaan kerja terjadi di PT Citra Adi Sarana (CAS) Indonesia di Jalan Dharmo Sugondo, Kelurahan Indro, Kecamatan Kebomas pada Selasa (8/6/2021) sekitar pukul 14.30 WIB. Kecelakaan kerja itu mengakibatkan lima pekerja tewas dan dua lainnya luka bakar berat. Diduga, korban meninggal dunia akibat ledakan dari sebuah tangki yang sedang dilakukan pengelasan.

Ledakan tangki itu berawal saat para pekerja sedang menjalankan kerja seperti biasanya, tiba-tiba tangki besar berdiameter sekitar 5 meter meledak. Akibatnya, para pekerja yang ada di sekitar tangki tersebut terkena ledakan. (hud/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...