Menpora Usul Batu Akik Jadi Cendera Mata Asian Games 2018

Menpora Usul Batu Akik Jadi Cendera Mata Asian Games 2018 Menpora Imam Nahrawi serius mencermati batu akik. Foto: kompas.com

BangsaOnline - Imam Nahrawi menyarankan agar batu akik dijadikan cendera mata bagi para tamu Asian Games 2018 yang rencananya digelar di Jakarta dan Palembang.

Anjuran itu muncul saat ia melakukan kunjungan kerja ke Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (22/2/2015). Seusai melakukan peletakan batu pertama Rumah Pemuda di kawasan Sport Center Lubuklinggau, Cak Imam, sapaan Imam Nahrawi, tertarik dan menyempatkan diri mengasah batu dengan peralatan yang terdapat di rumah dinas Wali Kota Lubuklinggau. Kebetulan, Wali Kota Lubuklinggau Prana Putara Sohe hobi mengasah dan mengoleksi batu akik.

Setelah melihat cara memotong sampai mengasah batu akik teratai khas Bumi Silampari yang dipraktikkan oleh Wali Kota Lubuklinggau, pun langsung mencoba mengasah bongkahan batu dengan mesin yang tersedia. "Asyik juga hobi Pak Wali, luar biasa Wali Kota kita ini," canda yang disambut tawa para tamu yang hadir.

Sekitar 15 menit mengasah, akhirnya batu asahan , yaitu jenis teratai, itu pun jadi. Walau tidak sempurna, Imam merasa puas dengan buah tangannya itu. Agar kekayaan batu akik Nusantara makin terkenal di dunia, pun menyarankan agar batu akik ini dijadikan cendera mata saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Pada Asian Games 2018 nanti di Palembang, usahakan tamu terhormat kita diberi cendera mata berupa batu akik," tutur politisi PKB ini.

Sumber: kompas.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO