Jumat, 23 April 2021 00:13

​BPBD Banyuwangi Siapkan Jalur Evakuasi bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Raung

Rabu, 10 Februari 2021 18:18 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
​BPBD Banyuwangi Siapkan Jalur Evakuasi bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Raung
Sejumlah petugas sedang memasang rambu-rambu jalur evakuasi.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi menyiapkan jalur evakuasi untuk warga terdampak erupsi Gunung Raung. Jalur evakuasi ini siap digunakan jika terjadi penanganan darurat.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Abdul Kadir mengatakan, pihaknya sejauh ini ini telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi dari permukiman penduduk serta melakukan pengecekan ulang jalur evakuasi bagi warga.

"Ini bagian dari langkah kontijensi. Kami terus mempersiapkan hal-hal untuk kemungkinan terburuk. Koordinasi lintas elemen juga terus dilakukan," kata Kadir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/2).

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharram menambahkan, pihaknya bersama tim telah mengidentifikasi wilayah-wilayah rawan. Pemetaan ini penting untuk mengevakuasi masyarakat secara cepat ke pengungsian.

BACA JUGA : 

Sukses Bekuk Oknum Saat Pesta Narkoba, Tim Tipidsus Polresta Banyuwangi Dapat Penghargaan

Antisipasi Mudik, Polresta Banyuwangi Laksanakan Apel Gelar Pasukan Gabungan Operasi Semeru 2021

Operasi Pekat Semeru 2021, Polresta Banyuwangi Berhasil Tangkap Ratusan Tersangka

Polisi Masih Dalami Investasi Bodong yang Hebohkan Banyuwangi, Segera Panggil Para Korban

"Saat ini, status Gunung Raung masih waspada dan dapat berubah setiap saat. Kami telah mengedintifikasi wilayah-wilayah berpenduduk yang jika terjadi penanganan darurat dan harus dilakukan evakuasi," jelasnya.

Kata Eka, BPBD juga telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi, di antaranya berada di Kecamatan Kalibaru, Glemore, Sempu, dan Kecamatan Songgon. "Semua kami cek untuk memastikan jalurnya," ungkapnya.

Eka juga mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak panik, namun tetap waspada. Masyarakat tetap wajib menjaga jarak aman aktivitas dari Gunung Raung.

"BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar menyiapkan pelayanan kesehatan, mengingat dampak abu vulkanik pada kesehatan," pungkasnya. (guh/ian)

​Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran
Rabu, 21 April 2021 22:01 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim. M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...