Tergiur Harga Tinggi Karena Banyak Peminat, Pria di Blitar Nekat Curi Sarang Madu Klanceng

Tergiur Harga Tinggi Karena Banyak Peminat, Pria di Blitar Nekat Curi Sarang Madu Klanceng Kapolsek Garum Iptu Burhanudin saat menunjukkan barang bukti. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang pria di Kabupaten Blitar nekat mencuri sarang madu klanceng. AGS (23), Warga Desa Sidodadi, Kecamatan Garum itu tergiur harga tinggi karena banyak warga yang memburu madu klanceng untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi Covid-19.

Kapolsek Garum Iptu Burhanudin mengatakan, korban pencurian bernama Izdin (28), warga setempat yang memiliki usaha budi daya klanceng.

"Kami mendapatkan laporan adanya warga yang kehilangan sarang klanceng yang terbuat dari bumbung bambu. Korban lapor kepada kami, kemudian kami cek CCTV yang ada di tempat budi daya klanceng korban. Setelah kami cek, kami berhasil mengamankan seorang laki-laki yang ciri-cirinya mirip seperti yang tertangkap CCTV," ujar Burhanudin, Selasa (26/1/2021).

Bersama pelaku, petugas berhasil mengamankan sejumlah bumbung bambu sarang klanceng yang dicuri korban. Di dalam bumbung bambu itu terdapat sarang klanceng penuh dengan madu yang diperkirakan nilainya mencapai Rp 3 juta.

"Karena madu klanceng ini harganya cukup mahal, yakni sekitar Rp 150 ribu, diperkirakan korban mengalami kerugian hingga Rp 3 juta," tegasnya.

Sementara berdasarkan pengakuan AGS, madu klanceng itu dijual ke pengepul sebesar Rp 2,4 juta. Dia mengaku sudah lihai melancarkan aksi pencurian karena sebelumnya bekerja sebagai pencari bumbung bambu untuk budi daya klanceng.

"Sebelumnya saya kerja cari bumbung klanceng dijual ke orang yang punya usaha budi daya klanceng. Jadi paham bagaimana mengambil bumbung bambu dari rak," ujar pelaku.

Pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO