Sabtu, 21 September 2019 21:22

Pembuat Mobil di Indonesia Anggap Jokowi Bertempur di Wilayah Sendiri

Sabtu, 07 Februari 2015 19:49 WIB
Pembuat Mobil di Indonesia Anggap Jokowi Bertempur di Wilayah Sendiri
Foto: detik.com

BangsaOnline - Rencana untuk membuat mobil nasional (mobnas), pemerintah Indonesia dengan PT Adiperkasa Citra Lestari menggandeng produsen mobil asal Malaysia, Proton. Padalah Indonesia punya banyak pembuat mobil-mobil nasional.

Menurut Presiden Direktur PT Fin Komodo, Ibnu Susilo selaku pembuat mobil nasional, pemerintah itu seharusnya membangkitkan rasa nasionalisme dengan mengajak putra bangsa sendiri dalam membuat dan memajukan mobil nasional. Bukan malah menggandeng perusahaan asing.

"Kalau seperti ini, pemerintah membuat pertempuran sendiri di wilayahnya sendiri. Harusnya, pertempuran itu di wilayah orang lain dan kita jadi penikmat hasilnya. Bukan seperti ini caranya," tegas Ibnu saat dihubungi detikOto, Sabtu (7/2/2015).

Ibnu menambahkan, mengajak perusahaan asing dalam membuat mobil nasional itu tidak akan membuat bangsa Indonesia mejadi maju dan berkembang.

"Kalau mau membesarkan bangsa sendiri ya harus berpihak kepada bangsanya sendiri, bukan dengan mengembangkan perusahaan asing di Indonesia," tuntasnya.

Lalu, bagaimana dengan nasib mobil Esemka yang sebelumnya juga didukung oleh Jokowi?

Menurut Direktur Pelayanan dan Pengembangan, PT Solo Technopark, Gampang Sarwono, keputusan yang sudah diambil oleh Jokowi cukup baik. Pihaknya menilai dalam mengembangkan mobnas memang harus menggandeng produsen otomotif yang sudah profesional.

"Pak presiden punya kebijakan tersendiri yang pastinya sudah dipertimbangkan dari berbagai aspek. Beliau (Jokowi) memilih Proton pasti sudah mengetahui teknologi dan lain sebagainya itu sudah bagus. Untuk kami itu tidak apa-apa," tutur Gampang saat dihubungi detikOto, Sabtu (7/2/2015).

Lalu, kenapa Jokowi tidak memilih Esemka yang sebelumnya digembor-gemborkan untuk menjadi mobil nasional?

Menurut Gampang, menggandeng Proton dalam mengembangkan mobil nasional mungkin sebagai langkah awal untuk bisa memajukan industri otomotif nasional. Kedepannya diharapkan mobil seperti Esemka ini bisa menjadi mobil nasional.

"Sekarang mungkin sedang mencari partner dulu. Kedepannya kan bisa saja yang lainnya ikut menjadi mobil nasional," katanya.

Sumber: detik.com
Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Sabtu, 21 September 2019 15:30 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...