Rabu, 27 Januari 2021 23:01

Klaster Keluarga Sumbang Penambahan Covid-19 di Blitar, Muncul Kasus Reinfeksi

Selasa, 24 November 2020 19:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Klaster Keluarga Sumbang Penambahan Covid-19 di Blitar, Muncul Kasus Reinfeksi
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Covid-19 di Kabupaten Blitar semakin mudah menular. Hal ini setelah Satgas Penanganan Covid-19 menemukan beberapa klaster keluarga.

Data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar menyebutkan ada penambahan kasus yang cukup siginifikan setiap harinya. Penambahan kasus itu, paling banyak dari klaster keluarga. Di mana ketika ada satu anggota keluarga terinfeksi maka akan sangat mudah untuk menulari anggota keluarga lainnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, saat awal ditemukannya kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar, orang yang kontak erat dengan pasien positif belum tentu tertular. Banyak hasil swab dari kontak erat dinyatakan negatif. Namun sekarang, mereka yang berkontak erat hampir bisa dipastikan juga positif Covid-19.

"Kami menemukan beberapa klaster keluarga. Artinya, ketika ada satu anggota keluarga terpapar, anggota keluarga lainnya ikut terpapar," ujar Krisna, Selasa (24/11/20).

Selain klaster keluarga, Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar juga menemukan adanya pasien yang sebelumnya terkonfirmasi sembuh, ternyata terinfeksi lagi atau reinfeksi. Kasus reinfeksi ini dialami oleh seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Blitar.

Sebelumnya, ia sempat terinfeksi Covid-19 pada Agustus 2020 lalu. Saat itu, ia terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dan sempat menjalani isolasi hingga dinyatakan sembuh.

Namun, pada awal November lalu staf pria tersebut kembali dinyatakan positif Covid-19 dengan keluhan diagnosa awal terserang typus.

"Jadi, kami menemukan satu kasus reinfeksi. Dari keterangan para ahli dan informasi yang kami terima, reinfeksi ini berarti mutasi virusnya makin ganas. Jauh lebih cepat dari awalnya," kata Krisna.

Saat ini jumlah komulatif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 1.042. Dari jumlah komulatif tersebut, 901 dinyatakan sembuh, 56 diobservasi, dan 81 meninggal dunia. (ina/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...