Klaster Keluarga Sumbang Penambahan Covid-19 di Blitar, Muncul Kasus Reinfeksi

Klaster Keluarga Sumbang Penambahan Covid-19 di Blitar, Muncul Kasus Reinfeksi Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Covid-19 di Kabupaten Blitar semakin mudah menular. Hal ini setelah Satgas Penanganan Covid-19 menemukan beberapa klaster keluarga.

Data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar menyebutkan ada penambahan kasus yang cukup siginifikan setiap harinya. Penambahan kasus itu, paling banyak dari klaster keluarga. Di mana ketika ada satu anggota keluarga terinfeksi maka akan sangat mudah untuk menulari anggota keluarga lainnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, saat awal ditemukannya kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar, orang yang kontak erat dengan pasien positif belum tentu tertular. Banyak hasil swab dari kontak erat dinyatakan negatif. Namun sekarang, mereka yang berkontak erat hampir bisa dipastikan juga positif Covid-19.

"Kami menemukan beberapa klaster keluarga. Artinya, ketika ada satu anggota keluarga terpapar, anggota keluarga lainnya ikut terpapar," ujar Krisna, Selasa (24/11/20).

Selain klaster keluarga, Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar juga menemukan adanya pasien yang sebelumnya terkonfirmasi sembuh, ternyata terinfeksi lagi atau reinfeksi. Kasus reinfeksi ini dialami oleh seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Blitar.

Sebelumnya, ia sempat terinfeksi Covid-19 pada Agustus 2020 lalu. Saat itu, ia terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dan sempat menjalani isolasi hingga dinyatakan sembuh.

Namun, pada awal November lalu staf pria tersebut kembali dinyatakan positif Covid-19 dengan keluhan diagnosa awal terserang typus.

"Jadi, kami menemukan satu kasus reinfeksi. Dari keterangan para ahli dan informasi yang kami terima, reinfeksi ini berarti mutasi virusnya makin ganas. Jauh lebih cepat dari awalnya," kata Krisna.

Saat ini jumlah komulatif Covid-19 di Kabupaten Blitar mencapai 1.042. Dari jumlah komulatif tersebut, 901 dinyatakan sembuh, 56 diobservasi, dan 81 meninggal dunia. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO