Senin, 25 Januari 2021 05:40

PT. INKA Siap Bantu Wujudkan Kereta Gantung di Kota Batu

Senin, 16 November 2020 17:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
PT. INKA Siap Bantu Wujudkan Kereta Gantung di Kota Batu
Suasana pertemuan PT INKA dengan Walikota Batu membahas kelanjutan mega proyek kereta gantung di Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Rencana pembangunan mega proyek kereta gantung di Kota Batu terus berlanjut. Pihak PT Industri Kereta Api (INKA) sebagai penyedia kereta bertemu dengan Pemerintah Kota Batu, ATF, dan Doppelmayr dari Austria, Senin (16/11) hari ini.

PT INKA dan Doppelmayr adalah sebagian yang mewakili sektor badan usaha. Sedangkan Pemkot Batu selaku salah satu unsur pemerintah. Sementara ATF sebagai salah satu perwakilan masyarakat sekaligus penggagas.

Dalam pertemuan itu, PT INKA memaparkan programnya yang berjudul Pengembangan Transportasi Pariwisata Kota Batu Jawa Timur. Di dalamnya ada kereta gantung dan bus listrik.

Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, PT INKA adalah pabrik kereta satu-satunya di Asia Tenggara. Produknya telah diekspor ke Bangladesh, Malaysia, Filipina, Australia, Thailand, dan Singapura.

Dengan pengalaman itu, pihaknya siap membangun kereta gantung. Tentu spesifikasi teknis bergandengan dengan Doppelmayr yang telah memiliki reputasi membangun kereta gantung di dunia.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan pembangunan kereta gantung diinisiasi karena wisatawan yang datang ke Kota Batu mencapai sekitar 7,2 juta orang per tahun.

Namun, Dewanti meminta nantinya warga Kota Batu juga bisa ikut memiliki saham dan hak-hak privilege (hak istimewa) atas proyek kereta gantung tersebut. Ia mencontohkan Taman Rekreasi Selecta yang juga dimiliki oleh lebih dari 1.000 warga sekitar.

"Mereka memiliki saham di tempat tersebut. Sehingga sangat mungkin kereta gantung sebagian share-nya bisa dimiliki oleh warga Kota Batu," pintanya.

Sementara itu, Among Tani Foundation (ATF) mendorong pembangunan kereta gantung di Kota Wisata Batu (KWB) menggunakan sistem public private people partnership (P4) atau kemitraan pemerintah, badan usaha, dan masyarakat dalam posisi setara.

Sebab, ATF ingin memastikan masyarakat terlibat nyata Dalamdmewujudkan proyek yang ditaksir bernilai Rp 300-400 miliar itu. Misalnya dalam bentuk saham atau bagian kepemilikan. Juga sebagai pekerja dan atau pengelola kereta gantung (cable car).

"Sistem ini akan menjamin warga merasakan dampak langsung pembangunan proyek besar atau kegiatan di Kota Batu. Selain itu, sistem P4 menjamin keberlangsungan kegiatan karena pemerintah, badan usaha dan masyarakat menyatu," ujar Didik Agus, selaku perwakilan ATF. 

Sebagai informasi, proyek kereta gantung di Kota Batu telah digagas mantan Wali Kota Eddy Rumpoko sekitar 5-6 tahun lalu. Proyek ini telah melalui beragam kajian dan survei. Namun karena belum ada regulasi yang menaungi, termasuk skema pelibatan masyarakat, maka proyek ini belum bisa diwujudkan.

Proyek ini ada angin segar setelah terbit Peraturan Presiden No. 38 Tahun 2015 tentang Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (P3) dalam Penyediaan Infrastruktur, sehingga mulai ada gambaran tentang skema kerja samanya. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...