Kamis, 17 Juni 2021 13:06

​Gaet Investasi Asing di Tengah Pandemi, DPRD Jatim Apresiasi Langkah Pemprov

Minggu, 11 Oktober 2020 21:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Gaet Investasi Asing di Tengah Pandemi, DPRD Jatim Apresiasi Langkah Pemprov
Gubernur Khofifah berdiskusi dengan pimpinan DPRD Jatim, Anik Maslachah, usai rapat paripurna. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa belum lama ini meresmikan proyek Pasuruan Cacao Technical Centre (PCTC) yang dibangun oleh PT Mondelez International. Peresmian itu dilakukan secara virtual oleh Gubernur Khofifah bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Langkah Pemprov Jatim berhasil menarik investasi penanaman modal asing (PMA) senilai US$13 juta atau sekitar Rp 190,5 miliar mendapat apresiasi dari DPRD Jatim. Menurut Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah, salah satu parameter kebangkitan daerah akibat pandemi adalah ketika di berbagai daerah dalam kondisi terpuruk akibat pandemi, tapi masih ada investasi.

"Hal ini menunjukkan kepercayaan akan keamanan, kenyamanan, dan keyakinan bagi investor akan bisa berkembang dengan baik di Jatim. Kami memberikan apresiasi pada pemprov yang mampu menarik perhatian dan meyakinkan investor untuk mengembangkan usahanya di Jatim," tutur Anik Maslachah, Minggu (11/10/2020).

Anik yang juga koordinator Komisi B (Perekonomian) di DPRD Jatim ini mengungkapkan optimismenya dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang trennya semakin positif.

BACA JUGA : 

Percepat Penanganan Covid-19, Gubernur Khofifah Siapkan Ruang Isolasi dan Karantina di BPWS

Sekretariat DPRD Bali Studi Banding ke DPRD Jatim

Bersama Kiai Makki Nasir, Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Edukasi Warga Bangkalan Patuhi Prokes

​Dewan Tolak Usulan Penutupan Dua Pabrik Gula di Jatim

Ia yakin pertumbuhan ekonomi Jatim bisa pulih dari kontraksi saat ini sampai pada level minus 5.9%. "Ini tren positif bagi pertumbuhan ekonomi Jatim ke depan," imbuh ketua DPW Perempuan Bangsa Jatim itu.

Terpisah, Muzammil Syafi'i, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Jatim mengatakan, Jawa Timur masih bisa dijadikan tujuan investasi walaupun saat ini masih masa pandemi. Ia menyebut lokasi investasi yang masih terbuka lebar bagi investor sesuai RTRW adalah Pasuruan, Mojokerto, dan Gresik.

Iklim investasi yang itu karena adanya gubernur bersama forkopimda bisa menciptakan keamanan dan politik stabil dan tidak ada gejolak yang mengganggu. Kalau pun kemarin ada unjuk rasa ricuh, itu imbas konstelasi nasional.

Mantan Wakil Bupati Pasuruan ini mengakui memang untuk upah minimum kabupaten/kota (UMK) untuk ring 1 agak tinggi. Tapi kalau investasi dengan teknologi agak tinggi, masih feasible (layak).

"Langkah pemprov memberikan kemudahan-kemudahan dari sisi perizinan sesuai dengan program East Super Java Corridor (ESJC) ikut menunjang iklim investasi yang baik di Jawa Timur, " ujar politikus yang akrab disapa Buya itu.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, masuknya investasi PCTC ke Jatim ini sejalan dengan program yang sedang digencarkan Pemprov Jatim yakni tanam, petik, olah, kemas, dan jual dari sektor pertanian/perkebunan.

“Visi-misi Pasuruan Cacao Techincal Centre ini sejalan dengan program yang kami bangun sehingga ini bisa jadi satu kesatuan. Kami sangat bahagia sekali Mondelez mengambil keputusan untuk membuat PCTC di sini, karena ini bagian dari penguatan kami,” katanya dalam peresmian PCTC secara virtual, Rabu (7/10/2020) lalu. (mdr/ian)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...