Pipa Jaringan Air Bersih Diproyeksikan Bisa Layani 3.000 SR

Pipa Jaringan Air Bersih Diproyeksikan Bisa Layani 3.000 SR Ilustrasi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pasuruan menargetkan pembangunan pipa jaringan air bersih di tiga kecamatan yang saat ini dalam proses pengerjaan bisa memberikan pelayanan air bersih untuk 3.000 SR (sambungan rumah tangga).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Ir. Hari Aprianto saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengaku optimis target itu terpenuhi. Sementara untuk pasokan air bersih, ia mengungkapkan Kabupaten Pasuruan mendapat bagian dari proyek Umbulan.

Adapun proyek pembangunan jaringan air bersih ini bersumber dari DAK Pusat. Rinciannya, untuk Kecamatan Rembang Rp 18 miliar, Kecamatan Beji Rp 7 miliar, dan Gempol Rp 7 miliar.

“Untuk anggaran yang disiapkan ini dipergunakan untuk pengembangan jaringan kepada masyarakat, di mana untuk pasokan bahan bakunya dari kompensasi proyek Umbulan,“ jelasnya.

Ditanya progres pambangunan pipa jaringan tersebut, ia mengatakan baru mencapai 5 persen. Namun, pihaknya mengaku terus melakukan evaluasi dan upaya percepatan agar mega proyek tersebut tidak mengalami keterlambatan.

"Upaya yang dilakukan dengan melakukan koordinasi beberapa perusahaan pabrikan yang memproduksi pipa. Proyek jaringan pipa ini memang berkaitan erat dengan ketersedian bahan baku dari pabrikan. Makanya pihaknya perusahaan yang menjadi mitra (penyedia dukungan material) memberikan keluwesan dalam pembayaran. Langkah ini dimaksudkan agar proyek tersebut tidak mengalami keterlambatan," pungkas mantan Kepala DPU Bina Marga ini. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO