Tingkatkan Populasi Ternak, Disnak Pasuruan Kerja Sama dengan Balai Embrio Transfer

Tingkatkan Populasi Ternak, Disnak Pasuruan Kerja Sama dengan Balai Embrio Transfer Kegiatan pelayanan embrio transfer indukan sapi di Kecamatan Tutur.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka peningkatan populasi ternak dan menjaga ketersediaan daging sapi bagi masyarakat, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan menggelar pelayanan embrio transfer untuk sapi perah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kecatan Tutur selama sepakan, tepatnya pada 20-28 Oktober 2021 silam.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Drh. Diana Lukita, pelayanan embrio transfer tersebut dilaksanakan oleh bidang produksi guna mendukung pengembangan produksi ternak.

“Sasaran kegiatan difokuskan pada resipien sapi milik masyarakat di Kecamatan Tutur yang memenuhi syarat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pelayanan embrio transfer (ET) ini bertujuan untuk mengetahui angka keberhasilan ET yang telah dilakukan terhadap . Melalui pelayanan ini, diharapkan target kebuntingan pada ternak sapi di Kabupaten Pasuruan dapat tercapai, dengan kelahiran pedet terbaik.

Dalam pelayanan ET tersebut juga dilakukan pemberian pemberian vitamin pada sapi indukan calon resipien. "Pelayanan embrio transfer buatan hanya diberikan pada ternak yang sehat dan memenuhi hasil pemeriksaan reproduksi. Dari 18 indukan sapi yang diaplikasikan, ternyata hanya 5 ekor memenuhi persyaratan," tambahnya. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO