Minggu, 25 Oktober 2020 06:57

Tak Mau Ada Klaster Pilkada, Kapolresta Sidoarjo ​Minta Semua Pihak Waspada

Rabu, 23 September 2020 19:37 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Tak Mau Ada Klaster Pilkada, Kapolresta Sidoarjo ​Minta Semua Pihak Waspada
Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji dibonceng wartawan BANGSAONLINE.com, Catur Andy Erlambang saat meninjau banjir beberapa waktu lalu.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Penyebaran Covid-19 di Sidoarjo sedang membaik. Selain grafiknya menurun, penyebaran dan angka kematian juga terbilang mulai terkendali.

Namun demikian, sedang ada ancaman besar menjelang masa kampanye Pilkada 2020. Banyak pihak khawatir, pilkada bakal menimbulkan klaster baru dalam penyebaran Covid-19 di Kota Delta tersebut.

"Ya, klaster pilkada harus benar-benar diwaspadai. Semua pihak harus peduli, terutama pasangan calon, tim sukses, dan relawannya," pinta Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji.

Semua diwanti-wanti agar selalu patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam berbagai kegiatan. Pihaknya berpesan untuk tidak sembarangan dalam menggelar kegiatan di masa pandemi. 

"Jangan asal mengumpulkan massa atau jangan ngawur dalam membuat kegiatan di masa pandemi seperti ini. Kampanye di tempat terbuka maksimal pesertanya 100 orang, di ruangan maksimal 50 peserta, dan berbagai aturan itu harus ditaati. Pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan, jangan sampai lupa," pesan Kombes Pol Sumardji.

Selain itu, kapolres juga menyampaikan saran kepada penyelenggara pilkada dan pasangan calon serta tim suksesnya agar lebih memaksimalkan kegiatan secara online pada perhelatan pesta demokrasi ini.

"Setidaknya, dengan kegiatan daring bisa meminimalisir berkerumunannya banyak orang. dengan begitu, tentu penyebaran virus, khususnya potensi klaster pilkada semakin bisa diminimalisir," ujarnya.

Pesan-pesan itu juga sudah berulang kali disampaikan kepada semua pasangan calon dan para tim sukses. Mereka juga wajib ikut menjaga, supaya penyebaran Covid-19 di Sidoarjo tidak terus bertambah.

"Kapolri juga sudah mengeluarkan maklumat yang memang untuk keperluan Pilkada di masa pandemi ini. Dan kami akan menjalankan maklumat itu sebaik-baiknya," tandas Sumardji.

Mendekati masa kamanye, Polresta Sidoarjo juga menggandeng berbagai komunitas yang ada. Dari komunitas tingkat desa, kecamatan, hingga komunitas di tataran kabupaten. Mereka adalah agen untuk menjadi pelopor pelaksanaan protokol kesehatan. Dari lingkungan komunitasnya masing-masing, dan di lingkungan sekitar.

"Ketika melihat ada warga tidak taat protokol kesehatan, komunitas wajib menegur atau memberitahu dengan cara yang baik. Jika tidak diindahkan, mereka harus segera melapor ke satgas atau ke petugas TNI-Polri supaya yang melanggar itu bisa segera disanksi," pungkasnya. (cat/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 23 Oktober 2020 18:47 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Kampoeng Anggrek, pikiran orang pasti melayang ke area perkebunan yang asri di Lereng Gunung Kelud. Ya, Kampoeng Anggrek, merupakan kawasan wisata bunga, produksi dan penjualan anggrek. Terletak di Leren...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...