Kamis, 03 Desember 2020 14:59

Kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Kian Memprihatinkan, Klaster Pabrik Masif

Minggu, 20 September 2020 19:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Andi Sirajudin
Kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo Kian Memprihatinkan, Klaster Pabrik Masif

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Penyebaran Covid 19 di Kabupaten Probolinggo kian memprihatinkan. Hingga Minggu (20/9) ini, sudah tercatat ada 893 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Bahkan, ada satu klaster yang cukup masif penularannya, yaitu klaster pabrik. Dari sekian klaster yang ada, klaster pabrikan yang cukup mendominasi peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo.

“Disebut klaster pelangi karena tidak jelas sumber penularannya dan terjadi secara horizontal. Dalam beberapa hari terakhir yang mendominasi adalah klaster pabrik yang menyebabkan terjadinya lonjakan kasus kemarin,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica.

Lonjakan kasus kemarin totalnya mencapai 145 kasus terdiri dari 124 kasus klaster pabrik, 7 kasus kontak erat terkonfirmasi positif Covid-19, dan 14 kasus penderita yang berada di rumah sakit.

Menurut Dewi, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo sebenarnya telah melakukan serangkaian kegiatan upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di masyarakat. Di antaranya upaya pencegahan melalui sosialisasi, edukasi, dan penggunaan berbagai media informasi untuk memberikan pengertian dan pemahaman serta keteladanan dari pimpinan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

“Upaya perlindungan melalui penyediaan sarana cuci tangan (dengan sabun maupun hand sanitizer), adanya screening pemeriksaan kesehatan bagi fasilitas umum maupun tempat-tempat yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19, pengaturan jaga jarak, disinfeksi berkala pada ruangan dan peralatan, penegakan disiplin perilaku masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, hingga pengaktifan satgas kecamatan sampai desa,” jelasnya.

Lanjut Dewi, upaya lain yang dilakukan adalah peningkatan layanan ruang isolasi di rumah sakit, peningkatan dan percepatan pelayanan Laboratorium PCR di RSUD Waluyo Jati Kraksaan, penambahan rumah karantina/isolasi, penambahan tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan, sampai pembatasan fisik dan sosial.

“Kita juga memaksimalkan peran bidang pemberdayaan masyarakat, bidang keamanan, dan penegakan hukum, serta adanya komunikasi risiko dalam membantu membangun kepercayaan masyarakat agar meminimalkan kesalahpahaman dan mengelola isu atau hoax yang terjadi. Sehingga dapat mengubah perilaku hidup masyarakat dalam mengendalikan kasus Covid-19 di Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Berkaitan dengan meningkatnya klaster pabrik/perusahaan yang terjadi saat ini, masih kata Dewi, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo hanya mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, di mana saja dan kapan saja.

“Yaitu dengan memakai masker, mengurangi kontak fisik dan menjaga jarak minimal 2 meter, rutin mencuci tangan dengan sabun atau hands anitizer, meningkatkan imunitas dengan memenuhi asupan makanan bergizi seimbang, istirahat cukup dan menjaga lingkungan tempat kerja selalu bersih, dan ventilasi sirkulasi yang baik,” pungkasnya. (ndi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...