Pascalibur Lebaran, Pejabat Pemkot Probolinggo Jalani Rapid Test Antigen

Pascalibur Lebaran, Pejabat Pemkot Probolinggo Jalani Rapid Test Antigen Pemeriksaan rapid test antigen di ruang Puri Manggala Bhakti Pemkot Probolinggo, Jumat (21/5/2021). (foto: ist)

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pascalibur Hari Raya Idulfitri 1442 H, sejumlah pejabat dan karyawan dilakukan pengecekan kesehatan, terutama pemeriksaan rapid test antigen. Pemeriksaan itu dilakukan di ruang Puri Manggala Bhakti , Jumat (21/5/2021).

"Suasana lebaran di tengah pandemi ini, kesehatan pejabat perlu kami cek. Terutama untuk mengetahui statusnya terhadap Covid-19,” ujar Plt. Kepala Dinkes P2KB Kota Probolinggo dr. NH Hidayati kepada wartawan.

Selain untuk mengetahui statusnya terhadap Covid-19, di pascalebaran dinilai rawan dengan penyakit hipertensi. Salah satu penyebabnya karena diet tidak seimbang dengan tingginya asupan garam, lemak jenuh, dan lemak trans.

“Selain itu, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan konsumsi minuman beralkohol serta kelebihan berat badan menjadi faktor risiko yang memicu penyakit hipertensi," katanya.

Sementara itu, Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati mengatakan, giat pemeriksaan itu sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan setelah usai merayakan lebaran bersama keluarga.

"Apalagi lebaran itu identik dengan beragam menu makanan, sehingga pengecekan terhadap kondisi kesehatan sangat penting dilakukan," katanya singkat. (ugi/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO