Hasil Swab 748 Santri, Pegawai, dan Pengelola Ponpes Al Izzah, 31 Terkonfirmasi Covid-19

Hasil Swab 748 Santri, Pegawai, dan Pengelola Ponpes Al Izzah, 31 Terkonfirmasi Covid-19 M. Chori,Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 31 santri, pegawai, dan pengelola Ponpes Al Izzah, terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu diketahui setelah mereka menjalani tes PCR 13 September 2020 yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi, puskesmas, dan Rumah Sakit Rujukan di .

Menurut M. Chori, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , kasus konfirm positif Covid-19 di Al Izzah bermula pada 23 Agustus 2020 lalu, setelah diketahui salah seorang santri berinisial H (14 tahun) terkonfirmasi positif. Santri itu dinyatakan positif usai melaksanakan tes swab mandiri dan dirawat di Rumah Sakit Hospital Surabaya. Pasien dinyatakan sembuh pada 28 Agustus 2020.

"Karena adanya santri yang terkonfirmasi positif Covid-19, pihak ponpes melaporkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ," ungkap Chori, Sabtu (19/9/2020).

Setelah adanya laporan tersebut, Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan melaksanakan pelacakan kasus di ponpes Al Izzah pada Senin (31/8/2020).

"Karena pertimbangan waktu pelaporan yang sudah cukup lama, maka diputuskan untuk melaksanakan tes PCR pada seluruh santri dan pengelola ponpes," terangnya.

Akhirnya dilakukan pengambilan sampel swab yang melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Puskesmas, dan Rumah Sakit . Hasilnya 31 santri, pegawai, dan pengelola ponpes dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hingga 13 September kemarin, terdapat 748 orang santri, pegawai, dan pengelola ponpes yang dilakukan pengambilan swab. Ternyata terdapat 31 orang yang konfirm positif Covid-19," jelasnya.

Menurut Chori, 31 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu dalam kondisi tidak bergejala. Mereka telah dilakukan isolasi secara mandiri difasilitasi ponpes, di bawah pengawasan intensif Dinkes Provinsi Jatim, Dinkes , dan Rumah Sakit Rujukan.

"Bagi seluruh santri dan pengelola, termasuk katagori kontak erat dengan kasus konfirm, seluruhnya juga telah menjalani karantina mandiri di lokasi yang terpisah dengan kasus terkonfirmasi," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Chori juga menyampaikan, pada Jumat (18/9/2020) malam, di ada tambahan 37 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Rinciannya, dari Desa Sumberejo 31 orang, Kelurahan Ngaglik 2 orang, Kelurahan Temas 1 orang, Desa Pendem 1 orang, Desa Torongrejo 1 orang dan Desa Giripurno 1 orang. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO