Jumat, 23 Oktober 2020 09:08

Terima Saran Perbaikan dari Bawaslu, KPU Tuban Tunda Pleno DPHP

Kamis, 10 September 2020 22:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Terima Saran Perbaikan dari Bawaslu, KPU Tuban Tunda Pleno DPHP
Rapat pleno terbuka KPU dengan jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sedianya membahas penetapan DPHP, akhirnya ditunda.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban batal menggelar Rapat Pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Kamis (10/9).

Pasalnya, KPU Tuban menerima surat saran perbaikan dari Bawaslu Tuban di detik akhir menjelang pelaksanaan pleno, sehingga kegiatan yang telah disusun secara matang itu tertunda dan gagal terlaksana.

Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan membenarkan saran dari Bawaslu Tuban yang secara tiba-tiba itu membuat agenda yang telah tersusun rapi itu tertunda dan harus dijadwalkan ulang. Seketika itu, dirinya bersama komisioner lainnya menyusun jadwal ulang, mengingat masih ada waktu untuk melaksanakan tahapan pleno DPHP di hari berikutnya.

"Memang rencananya pleno dilaksanakan hari ini, tapi ada surat saran perbaikan dari Bawaslu, sehingga pleno kita tunda dan dijadwal ulang," ujar Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan.

Karena pelaksanaan rapat pleno terbuka ditunda dan telah terlanjur menghadirkan jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pihaknya pun mengalihkan agenda dengan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan tahapan pemilu bersama PPK dari 20 Kecamatan di Tuban.

"Kita laksanakan kegiatan rakor bersama PPK, karena memang tahapan kita sudah mempersiapkan semua. Sehingga kita update pengetahuan kepada PPK dan kita kasih informasi terbaru terkait dengan tahapan pemilu," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi menyampaikan, surat saran perbaikan dengan Nomor: 146/KJI-25/PM.00.02/IX/2020 ini dikirimkan berdasarkan hasil evaluasi dan pengawasan di tingkat PPS maupun PPK.

"Kita sudah memberikan saran perbaikan kepada PPK untuk memberikan beberapa hal yang menjadi kewajiban yang disebutkan dalam PKPU, dan ini secara teknis harus dilaksanakan oleh jajaran KPU," ujar Gus Hadi.

Namun, jika saran perbaikan dari Bawaslu itu tidak dilaksanakan, kata Gus Hadi, maka saran perbaikan akan ditingkatkan menjadi sebuah temuan. Kebetulan Bawaslu saat ini masih dalam proses penanganan pelanggaran.

"Kita memberikan saran kepada KPU agar menunda rapat pleno, karena kita masih melakukan proses penanganan pelanggaran. Apalagi KPU masih mempunyai waktu rapat pleno hingga senin depan," pungkasnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...