Sabtu, 31 Oktober 2020 20:15

Sempat Dianggap Sudah Meninggal, Babinsa Pitu Lacak Data Kependudukan Sulastri di Boven Digoel

Senin, 24 Agustus 2020 20:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Zainal Abidin
Sempat Dianggap Sudah Meninggal, Babinsa Pitu Lacak Data Kependudukan Sulastri di Boven Digoel
Babinsa Desa Pitu saat menyerahkan data kependudukan pada Nur Aini.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kepulangan Sulastri alias Nur Aini (33), yang sebelumnya telah dianggap meninggal, menimbulkan permasalahan pada administrasi kependudukan di Pemerintahan Desa Pitu, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi. Hal tersebut lantaran data yang ada di Pemdes Pitu, bahwa Nur Aini telah tercatat meninggal dunia.

Terkait hal ini, Babinsa Desa Pitu Serka Eko Prayitno berupaya melakukan pelacakan data kependudukan Nur Aini bersama putrinya, Fitria Ramadhani (3). Sebab, selama ini Nur Aini ternyata merantau di Kabupaten Boven Digoel, Papua.

"Bagaimanapun Nur Aini ini harus mendapatkan hak-haknya yang sebagian telah hilang disebabkan dianggap telah meninggal," jelas Serka Eko Prayitno saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Anggota Koramil Pitu tersebut menelusuri administrasi kependudukan atas nama Sulastri dengan mengontak rekannya yang sedang bertugas di perbatasan Papua (Boven Digoel).

"Saya kebetulan mengenal ada rekan yang sedang bertugas di Boven Digoel. Saya meminta bantuan untuk warga dari Ngawi atas nama Sulastri, dan benar telah tercatat di kantor kependudukan di sana," urainya.

Karena data kependudukan ibu satu anak tersebut ada, akhirnya berkas yang berada di provinsi ujung Timur tersebut ditarik dan dipindahkan ke Ngawi melalui Dispendukcapil.

"Dari anggota Satgas 521 tersebut, berkas data kependudukan Nur Aini dapat dicabut dan dikirim ke Ngawi, yang selanjutnya kita masukan ke kantor Kependudukan Ngawi," terangnya.

"Untuk hari ini, Nur Aini beserta anaknya telah tercatat sebagai penduduk Ngawi kembali yang sebelumnya bernama Sulastri," pungkasnya. (nal/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 31 Oktober 2020 19:03 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Libur cuti bersama menyambung akhir pekan (Long Weekend) Oktober 2020 ini dimanfaatkan masyarakat mengunjungi beberapa tempat wisata. Salah satunya di Kota Wisata Batu.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun memantau la...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...