Sabtu, 19 September 2020 19:52

Kasus Covid-19 Kian Melonjak, Pemkab Gresik Perketat Protokol Kesehatan

Kamis, 23 Juli 2020 13:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Kasus Covid-19 Kian Melonjak, Pemkab Gresik Perketat Protokol Kesehatan
Petugas Dinkes saat mengecek suhu tubuh pegawai dan tamu yang hendak masuk kantor Pemkab Gresik menggunakan thermo gun. foto: IST/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto makin memperketat protokol kesehatan bagi ASN dan tamu yang masuk ke kantor Pemkab Gresik, di Jalan Dr. Wahidin SH, Kecamatan Kebomas.

Bupati juga kian getol mengampanyekan pencegahan penyebaran Covid-19 ini melalui stiker. Sebeb, hingga Rabu (22/7), masyarakat Kabupaten Gresik yang terkonfirmasi positif Covid-19 tercatat sudah mencapai 1.527 orang.

Orang nomor satu di Pemkab Gresik ini juga mengajak seluruh ASN Pemkab ikut mendukung kampanye peningkatkan protokol kesehatan. ASN diharuskan ikut menempel stiker pada semua mobil yang masuk ke area kantor Pemkab.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Reza Pahlewi menyatakan, tak hanya mobil dinas yang ditempeli stiker bertuliskan, "Protokol Kesehatan Adalah Vaksin Covid-19". Melainkan, juga mobil pribadi yang masuk area kantor Bupati.

"Bedanya, kalau kendaraan plat merah harus ditempeli tiga stiker, yaitu di pintu depan, samping kanan dan kiri, serta belakang. Sedangkan kendaraan pribadi hanya satu stiker di kaca belakang," terang Reza mendampingi bupati.

Kamis (23/7), pegawai Bagian Humas Protokol bersama Bagian Hukum Setda Gresik dibantu oleh Satpol PP mengecek semua kendaraan dinas yang sudah menggunakan stiker.

Sedangkan beberapa kendaraan pribadi yang tidak menggunakan stiker ditepikan. Kemudian petugas pemantau memeriksa penumpang dengan thermogun. Lalu petugas melakukan penempelan stiker.

Sedangkan taksi dan kendaraan umum, serta taksi online, diwajibkan berputar untuk tidak mendekati kantor Pemkab Gresik. Mereka boleh menurunkan penumpangnya di pos pantau, sekitar 100 meter dari kantor Pemkab.

Sementara itu, Wabup Gresik Moh. Qosim melakukan audiensi dengan perwakilan Persatuan Pecinta Sound System dan Persatuan Penyedia Jasa Pernikahan. Mereka merasa keberatan dengan beberapa pihak dalam pelaksanaan Perbup No. 22 tahun 2020 tentang masa transisi new normal pandemik Covid-19.

"Memang sesuai Perbup 22 tahun 2020, Bupati maupun Pihak Pemkab Gresik tidak melarang kegiatan usaha mereka, tapi tetap mengharuskan untuk mematuhi disiplin protokol kesehatan," ujar Reza.

Reza menjelaskan protokol kesehatan yang sudah diatur pada Perbup 22, yakni seluruh masyarakat diharuskan menjaga jarak, memakai masker bila keluar rumah, menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir, dan menyiapkan sabun serta hand sanitizer. Juga, ada pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun.

"Yang penting lagi, penyelenggara atau pengelola acara dan yang punya hajat membuat surat bermaterai. Yaitu pernyataan tanggungjawab mutlak atas acara tersebut. Kalau dalam acara tersebut, pihak penyelenggara mengundang artis dari luar daerah, wajib menunjukkan surat keterangan bahwa yang bersangkutan tidak terpapar Covid-19. Hal lain yang harus dipatuhi penggunaan ruangan, undangan tidak boleh melebihi dari 50 persen dari kapasitas ruangan," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...