Senin, 21 September 2020 10:46

​Obyek Wisata di Tuban Mulai Dibuka, Termasuk Tempat Karaoke, Diuji Coba Selama 14 Hari

Senin, 20 Juli 2020 21:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Obyek Wisata di Tuban Mulai Dibuka, Termasuk Tempat Karaoke, Diuji Coba Selama 14 Hari
Pertemuan pimpinan pelaku usaha bidang pariwisata, penyelenggaraan kesenian, dan pelaksanaan hajatan yang digelar Disparbudpora Tuban, Senin (20/7).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menggelar pertemuan dengan pimpinan pelaku usaha bidang pariwisata, penyelenggaraan kesenian, dan pelaksanaan hajatan di wilayah setempat, Senin (20/7).

Kegiatan yang bertempat di aula pertemuan dinas setempat ini sekaligus menjadi forum sosialisasi Surat Edaran (SE) Bupati Tuban tentang tatanan kenormalan baru atau adaptasi kebiasaan baru di bidang pariwisata dan dunia hiburan

Kepala Disparbudpora Tuban Sulistyadi menjelaskan, SE tersebut telah ditandatangani oleh Bupati Tuban dan mulai disosialisasikan. Selanjutnya, hal serupa juga akan dilaksanakan di tingkat kecamatan bersama tim Gugus Tugas Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Hari ini kita hadirkan para pimpinan pelaku kesenian, sektor hiburan, dan obyek pariwisata. Tujuannya untuk meyakinkan hak dan kewajiban mereka dalam SE ini harus tegas, karena ketegasan itu menjadikan pengelolaan obyek wisata maupun penyelenggaraan kesenian bisa tertib," ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, telah disepakati bersama jika obyek wisata dan hiburan akan mulai dibuka Sabtu (25/07) hingga 14 hari ke depan sebagai masa percobaan.

"Semua sepakat uji coba mulai hari Sabtu (25/07) besok, termasuk tempat karaoke. Jika masa percobaan itu dianggap berhasil dan lancar, maka akan lanjut terus," imbuhnya.

Namun, apabila dalam masa percobaan itu ditemukan pelanggaran terkait protokol kesehatan Covid-19, maka pengelola obyek wisata dan hiburan akan dikenakan sanksi.

"Sanksinya berupa penutupan kembali tempat itu selama 14 hari, hingga ada izin buka dari tim gugus tugas Covid-19 daerah setempat," tegasnya.

Pihaknya berharap, hal ini bisa segera disosialisasikan kepada seluruh pihak, termasuk pihak desa. "Jangan sampai ada mis-informasi tentang hal ini, apalagi terkait izin penyelenggaraan hiburan dimulai dari tingkat Desa hingga Forkopimka," harapnya.

Sementara itu, M. Sudarsono, Ketua DPC Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kabupaten Tuban menyambut baik hasil kesepakatan pertemuan itu.

Sebab ia mengaku, sejak adanya pandemi Covid-19 para pelaku hiburan dan pariwisata banyak yang terpuruk. Menurutnya, keputusan ini menjadi momen untuk bangkit kembali dengan catatan harus memegang teguh aturan dan prosedur sesuai SE Bupati Tuban yang dijabarkan dalam 53 lembar SE tersebut.

"Kami sangat merasa senang dengan hasil rekomendasi ini. Sebab inilah yang selama ini dinanti oleh kawan-kawan pelaku dunia hiburan dan pariwisata," ungkapnya. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...