Sabtu, 08 Agustus 2020 01:18

​26 Penyelenggara Pemilu di Jember Diduga Masuk Data Calon Perseorangan

Rabu, 01 Juli 2020 21:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
​26 Penyelenggara Pemilu di Jember Diduga Masuk Data Calon Perseorangan
Ilustrasi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - DPC PDIP Kabupaten Jember akan melaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember terkait hasil temuan di lapangan, adanya 26 orang yang diduga penyelenggara pemilu masuk dalam data dukungan perseorangan.

Kepala Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Widarto mengatakan, temuan itu diketahui saat proses verifikasi faktual yang saat ini sedang berjalan. "Saat ini sudah masuk dalam tahapan verifikasi faktual. Teman-teman di lapangan menemukan 26 orang penyelenggara," ujarnya saat ditemui di KPU Jember, Rabu (1/7/2020).

Pihaknya menyampaikan, penyelenggara yang masuk dalam daftar tersebut masih diduga tidak tahu masuk dalam data tersebut. Maka nantinya, perlu dilakukan cek kebenarannya, apakah dia menyatakan mendukung atau tidak. 

"Ya, mungkin tidak tahu kalau masuk. Tapi, kalau benar ya harus ada sanksi dan bisa menjadi preseden buruk bagi penyelenggara," jelasnya.

"Dengan ditemukannya penyelenggara yang masuk data dukungan perseorangan, kami menyarankan untuk bertanya kepada calon atau tim perseorangan, apakah mereka masuk atau tidak. Seumpama masuk, ke-26 orang penyelenggara tersebut bisa menempuh jalur hukum untuk membersihkan namanya. Sebab, data berupa KTP dan tanda tangan pastinya dipalsukan," tuturnya.

Widarto akan terus mengerahkan elemen PDI Perjuangan di bawah untuk terus mengawal jalannya verifikasi faktual tersebut.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Susanto menjelaskan, laporan tersebut akan segera ditindaklanjuti dan akan memanggil nama-nama yang telah diberikan oleh DPC PDI Perjuangan.

Susanto menegaskan, jika laporan itu terbukti benar, maka si penyelenggara pemilu tersebut harus segera mengundurkan diri atau tidak mendukung calon bersangkutan. Sampai saat ini, data yang masuk dari DPC PDI Perjuangan ada 20 PPS, 1 PPK, dan 5 Pengawas Desa yang diduga memberikan dukungan kepada calon perseorangan, yang tak lain adalah incumbent Bupati Faida. (jbr1/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...