Ketua KPU Jember: Progres Pengiriman Logistik Pemilu Sudah 95 Persen

Ketua KPU Jember: Progres Pengiriman Logistik Pemilu Sudah 95 Persen Petugas mengecek surat suara yang dikirim ke gudang penyimpanan KPU Jember di Jl. Imam Bonjol, Kecamatan Kaliwates.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember menyampaikan progres pengiriman logistik yang datang untuk pemilihan umum serentak tahun 2024 sudah 95 persen.

Logistik tersebut antara lain berupa surat suara pilpres dan pileg yang sudah datang di gudang penyimpanan KPU di Jl. Imam Bonjol, Kecamatan Kaliwates, Jember.

"Hari ini kedatangan lagi surat suara. Untuk jumlahnya total saat ini kurang lebih sebanyak 2 juta yang telah kami terima," ujar Muhammad Syaiin, Ketua KPU Jember, Kamis (04/01/2024).

Dia menjelaskan, selama ini pengiriman surat suara dilakukan bertahap, dalam kurun waktu 10 hari mulai dari 19 sampai 30 Desember 2023.

"Terakhir datang itu memang akhir Desember. Namu karena libur, kami baru lakukan pengecekan hari ini," jelasnya.

Syaiin merincikan, kebutuhan surat suara untuk pemilu di Jember sebanyak 2 juta 21 ribu 853 untuk Pileg DPRD Jember. Sedangkan untuk Pileg DPR RI, DPRD Jatim, DPD, dan Pilpres sebanyak 2 juta 14 ribu 854 lembar surat suara.

Jumlah tersebut sudah disesuaikan dengan total daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2024 di Kabupaten Jember.

"Sebanyak 1 juta 9 ratus 72 ribu 216 orang, dan ada juga untuk cadangan 2 persen dari jumlah total pemilih masing-masing TPS," jelasnya.

Syaiin menambahkan, pengiriman logistik untuk pemilu 2024 masih akan terus dilakukan. Seperti dokumen formulir C plano, daftar paslon, dan daftar calon tetap.

"Masih ada beberapa yang belum, tapi dalam waktu dekat dipastikan sudah sampai Jember," pungkasnya. (aji/yud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO