DPRD Jember Soroti Pengelolaan Sampah

DPRD Jember Soroti Pengelolaan Sampah Kondisi sampah di Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - DPRD tengah menyoroti pengelolaan sampah yang dinilai belum maksimal sampai saat ini. Hal itu membuat dewan terus menggenjot agar peraturan daerah (Perda) soal sampah segera rampung.

Menanggapi hal tersebut Ketua Fraksi DPRD , Edi Cahyo Purnomo, mengatakan bahwa pengelolaan sampah belum maksimal karena masih banyak kotoran yang menumpuk di TPA.

"Kalau menilai berhasil atau tidak itu memang butuh waktu ya, karena peran masyarakat mulai tingkat RT hingga pemerinah daerah sangat dibutuhkan, jadi menurut saya saat ini belum maksimal," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (29/1/2024).

Ia menilai, sosialisai kepada masyarakat terkait sampah sangat dibutuhkan agar kesadaran mereka meningkat. Kesadaran yang dimaksud seperti tidak membuang sampah sembarangan,  dan memilah sampah organik maupun non-organik.

"Kesadaran itu kan hal dasar ya , masih banyak masyrakat yang buang sampah dipinggir jalan, di dekat sawah juga ada, kebiasaan buruk kan harus dirubah dulu," tuturnya.

Maka dari itu, pihaknya mengaku saat ini terus menggenjot regulasi terkait sampah yang bertujuan agar pengelolaannya bisa lebih baik lagi.

"Di dalam Perda itu nanti banyak poin, contohnya ada aturan agar masyarakat memilah sampah organik dan non-organik, serta pengolahan untuk bisa menjadi bahan bakar maupun pupuk," urai Edi.

Untuk Perda sampah, pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi D DDPRD itu menyatakan aturan sudah berjalan. Bahkan, anggota dewan lainnya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyrakat. 

Ia berharap, bisa lebih baik untuk urusan pengelolaan sampah dengan adanya Perda sampah ini. Hal ini tentunya juga membuat kualitas lingkungan lebih bagus lagi. (aji/yud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO