Logistik Pemilu 2024 Mulai Berdatangan di Jember

Logistik Pemilu 2024 Mulai Berdatangan di Jember Petugas saat menurunkan bilik suara dari atas truk.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Logistik berupa bilik dan kotak suara untuk pemilihan umum (pemilu) 2024 mulai berdatangan di Kabupaten Jember. Logistik tersebut akan disimpan di gudang penyimpanan KPU di Gedung Temprina Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Kaliwates.

"Untuk yang datang hari ini itu merupakan kotak suara dan bilik. Sebelumnya, sudah ada yang kami terima seperi tinta dan segel," ujar Ahmad Hanafi, Komisioner KPU Jember, Selasa (21/11/2023).

Hanafi menjelaskan kedatangan logistik tersebut secara bertahap. Hal itu untuk memudahkan pengecekan jika ada kekurangan maupun kerusakakan item.

"Lebih enak bertahap, jadi jumlahnya tidak terlalu banyak. Jadi misal ada yang rusak, kita langsung laporan," jelasnya.

Dalam satu bulan ini, lanjut Hanafi, logistik akan terus berdatangan, mengingat waktu pemilihan semakin dekat.

"Kedatangannya pusat yang mengatur jadwal kirimnya. Tapi pasti mulai minggu ini sampai sebulan ke depan pasti akan padat, bisa sampai bulan Januari," ujarnya.

Hanafi memaparkan kebutuhan kotak suara di Jember sebanyak 38.530. Sementara untuk kebutuhan bilik sebanyak 30.842.

Sementara untuk surat suara, Hanafi mengatakan masih dalam proses produksi. "Belum (dikirim), saya dapat info dari pusat masih dalam proses produksi," imbuhnya.

Setelah kedatangan logistik, ia mengatakan tim dari KPU Jember akan langsung melakukan pengecekan barang. Bukan hanya itu, KPU juga sudah berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan juga Bawaslu untuk pengawasan dan keamanan logistik. (aji/yud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO