Rabu, 08 Juli 2020 21:58

Pertemuan Kajari dan Eks Plt. Direktur RPH Disorot, Lira: Kepercayaan Publik Dipertaruhkan

Senin, 29 Juni 2020 19:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Pertemuan Kajari dan Eks Plt. Direktur RPH Disorot, Lira: Kepercayaan Publik Dipertaruhkan
Pertemuan Kajari Kota Malang Andi Darmawangsa didampingi Kasi Pidsus Ujang Supriyadi, dengan AH, mantan Plt. Direktur PD RPH di halaman kantor Kejari, belum lama ini. Hal ini dipertanyakan Lira Malang Raya karena Kejari tengah menangani kasus RPH. foto: ist.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Ketua Lira Malang Raya, Didik Ahmadi bersama Sekretaris Dito Arif, serta para pengurus lainnya mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang, Senin (29/06). Kedatangan mereka dalam rangka audiensi mempertanyakan perkembangan tiga kasus yang saat ini ditangani lembaga adhyaksa tersebut. Yakni kasus Heritage Kayutangan, kasus PD RPH, serta dugaan kerugian di KONI Kota Malang.

Didik meminta agar Kejari menyampaikan progres perkara ke publik. "Jangan sampai masyarakat berasumsi perkara tersebut mengendap begitu saja," kata Didik.

"Perkara PD RPH sudah pernah ditangani sebelumnya di tahun 2019. Harapannya, status kasus ini segera ditingkatkan ke penyelidikan. Agar kegaduhan terkait dugaan kerugian uang negara yang mencapai miliaran rupiah betul-betul terungkap," jelas Didik.

Dalam kesempatan ini, Lira juga menyinggung pertemuan terbuka antara Kajari dan Kasi Pidsus dengan mantan Plt. Direktur PD RPH, yakni AH. Menurut Didik, pertemuan tersebut tak etis. Sebab, kasus di RPH sedang ditelisik oleh Kejari. "Ini menjadikan asumsi negatif bagi APH secara umum," paparnya.

Senada disampaikan pengurus Lira Bidang Advokasi, Wiwid Tuhu. "Pastinya ini menjadi bahan pertanyaan besar sekaligus mempertanyakan akan kinerja APH. Jika sampai ada masyarakat mempertanyakan kasusnya, kepercayaan publik kepada kejaksaaan menjadi dipertaruhkan. Jangan sampai terjadi disparitas hukum," tambahnya.

Menjawab hal ini, Kajari Kota Malang Andi Darmawangsa berdalih pertemuannya dengan mantan Plt. Direktur PD RPH hanya sekadar ngobrol biasa. "Ada beberapa orang juga saat itu. Sama sekali tidak ada pembahasan RPH. Kami ngobrol secara umum. Tahunya AH adalah tokoh Aremania," terang pria asli Bugis, Makasar ini.

Namun, Kajari tampak tersinggung saat ditanya pertemuannya dengan Sekkota Malang, Wasto, yang juga Ketua Dewan Pengawas RPH. "Kami sebagai Muspida tentunya bisa ketemu dengan siapa saja. Pemikiran anda terlalu sempit, dan memiliki unsur menyudutkan," cetus Andi.

"Pertemuan saat itu sama sekali tidak membahas persoalan RPH. Tidak etis kami membahasnya. dan mesti membedakan antara tugas teknis dan tugas umum," pungkasnya.

Terkait perkembangan kasus PD RPH, Kajari mengaku sudah ditetapkan ke penyelidikan. "Ada empat orang yang dipanggil, baru dua orang yang memberikan keterangan. Satu dari RPH, dan satu lagi OPD," tukas Andi. (iwa/thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...