Senin, 24 Februari 2020 18:01

Mantan Plt. Direktur RPH Kota Malang Saling Tuding Soal Kerja Sama Penggemukan Sapi

Rabu, 20 November 2019 18:50 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Mantan Plt. Direktur RPH Kota Malang Saling Tuding Soal Kerja Sama Penggemukan Sapi
A. A. Raka Kinasih, Mantan Plt. Direktur RPH Kota Malang yang saat ini menjabat Kasubag Keuangan.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Mantan Plt. Direktur RPH (Rumah Potong Hewan) Kota Malang periode 2017 - 2018, Didik Suryanto turut angkat bicara menyikapi dugaan kerugian yang dialami RPH akibat kegagalan kerja sama penggemukan sapi dengan rekanan.

Kepada HARIAN BANGSA, Didik Suryanto menjelaskan, kerja sama itu dijalin dengan Siti Endah Nugrohini yang merupakan Ketua Revolusi Ternak Indonesia (RTI) asal Kota Jombang. Saat itu Siti Endah menawarkan kerja sama penggemukan sapi kepada RPH, untuk memasok daging segar ke salah satu supermarket.

Sebelum menyetujui kerja sama itu, Didik mengaku sudah meminta petunjuk dari Sekkota Wasto selaku Ketua Dewan Pengawas RPH waktu itu. Bahkan ia juga telah melakukan survei ke RTI di Kota Jombang. 

"Kami berani melangkah dan melanjutkan kerja sama itu setelah ada instruksi atau perintah dari Sekkota Wasto selaku Ketua Dewan Pengawas waktu itu," jelas Didik saat ditemui di rumahnya kawasan Kelurahan Pisang Candi Sukun Kota Malang, Rabu (20/11).

"Akhirnya, RPH memutuskan mengambil kerja sama tersebut dalam rangka mengembangkan usaha," katanya.

Menurut Didik, sepanjang dirinya menjabat Plt, semua pembelian bibit sapi sudah terkirim sesuai pesanan. "Kami dalam kerja sama hanya membeli sekitar 25 bibit ekor sapi. Selain itu bukan tanggungjawab saya, apalagi sampai menimbulkan kerugian," urai Didik.

"Kami berharap pihak aparatur hukum bisa menindaklanjuti hal tersebut. Bisa jadi ini ada unsur kecerobohan atau kelalaian," imbuhnya.

Didik justru menyarankan HARIAN BANGSA untuk konfirmasi ke A. A. Raka Kinasih, yang saat ini menjabat Kasubag Keuangan. "Karena dia (Raka, Red) selain jabat Plt, juga merangkap Kasubag Keuangan di RPH. Informasi yang saya terima dari teman RPH, Raka membayar sendiri pembayaran pembelian sapi waktu itu," sebutnya.

"Teman-teman RPH gak ada yang diajak bicara mengenai hal itu. Termasuk, inisiatif pembelian plus penggemukan atau penitipan bibit sapi di tempatnya Siti Endah ya ulah Raka sendiri," tutur Didik.

Sementara A. A. Raka Kinasih yang saat ini menjabat Kasubag Keuangan menyangkal tudingan Didik. Ia menegaskan selama ini telah bekerja dan menjalankan tugas sesuai aturan. Menurutnya, pembelian bibit sapi yang dilakukannya untuk melanjutkan tugas dari Plt. sebelumnya.

"Semuanya tertuang di PKS yang disepakati bersama. Semua pekerjaan sudah dikerjakan sesuai mekanisme dan berdasarkan perintah pimpinan," ujar Raka. 

Rinawati, salah satu anggota Dewan Pengawas RPH semasa Didik menjabat, enggan memberikan keterangan saat dikonfirmasi terkait hal ini. "Mohon maaf, satu pintu ya, silakan konfirmasi ke Pak Sekkota," ucap Rinawati saat ditemui di Balai Kota, Rabu (20/11). (iwa/thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...