Jumat, 14 Agustus 2020 15:08

Heroik, Kisah Kades Pasirharjo Blitar Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan

Rabu, 24 Juni 2020 16:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Heroik, Kisah Kades Pasirharjo Blitar Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan
HEROIK: Chusana, Kepala Desa Pasirharjo saat membantu seorang ibu melahirkan di pinggir jalan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Aksi heroik telah ditunjukkan oleh Chusana, Kepala Desa (Kades) Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Meski tidak memiliki riwayat sebagai ahli medis, dia dengan sigap menolong seorang ibu melahirkan di pinggir jalan desa setempat.

Saat dikonfirmasi, Chusana menceritakan secara rinci peristiwa yang dialaminya pada Selasa (23/6/2020) kemarin sore tersebut. Menurutnya, ibu yang melahirkan itu bernama Siti Aminah, warga Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun. Saat itu Aminah dan suaminya Sunyoto hendak ke rumah bidan Desa Kendalrejo untuk memeriksakan kandungan. Namun bidan desa ternyata sedang ada tugas luar.

Setelah itu, Sunyoto berniat membawa istrinya ke bidan Desa Pasirharjo yang jaraknya berdekatan dengan Desa Kendalrejo. "Sesampainya di rumah Bidan Desa Pasirharjo, ternyata Bu Bidan juga sedang tidak berada di rumah. Setelah itu mereka langsung ke rumah saya yang kebetulan bersebelahan dengan rumah Bu Bidan dengan niatan meminta nomor telepon Bu Bidan," ujar Chusana, Rabu (24/6/2020).

Saat itu dia melihat si ibu sudah seperti menahan rasa sakit. Kemudian mereka bersama-sama berjalan menuju rumah bidan untuk memastikan keberadaanya. 

"Belum sampai di rumah Bu Bidan, Ibu ini sudah teriak kesakitan. Di situ ada empat orang, saya, ibu yang melahirkan, suaminya, dan seorang pemilik toko di dekat situ. Karena semua tidak berani menolong dan saat itu ketuban sudah pecah dan kepala bayi sudah kelihatan, akhirnya saya beranikan untuk menolong proses persalinan," jelasnya.

Sambil membantu proses persalinan, Chusana meminta istrinya untuk memanggil seorang tetangga yang kebetulan bekerja sebagai petugas medis. Jabang bayi dengan jenis kelamin laki-laki akhirnya berhasil lahir dengan selamat. Chusana pun kemudian mengambil selimut untuk menghangatkan tubuh bayi.

"Saya selimuti, tapi saat itu plasenta masih nempel di ibunya. Baru setelah petugas medis datang dibantu untuk mengeluarkan," imbuhnya.

Chusana menjelaskan, pasca kejadian ini banyak warga yang menanyakan keberadaan ibu bidan saat kondisi darurat. Dia menjelaskan, saat ditelepon bidan Desa Pasirharjo saat itu sedang berada di Udanawu untuk mengantarkan anaknya.

"Banyak yang tanya, kok Bidannya gak nolong. Bu Bidan ini saat itu sedang melaksanakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Dia mengantar anaknya," ujarnya.

Kabar terkini ibu dan bayi laki-laki tersebut telah mendapat pertolongan medis. Keduanya dalam kondisi sehat. (ina/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...