Rabu, 16 Juni 2021 05:47

Heroik, Kisah Kades Pasirharjo Blitar Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan

Rabu, 24 Juni 2020 16:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
Heroik, Kisah Kades Pasirharjo Blitar Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan
HEROIK: Chusana, Kepala Desa Pasirharjo saat membantu seorang ibu melahirkan di pinggir jalan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Aksi heroik telah ditunjukkan oleh Chusana, Kepala Desa (Kades) Pasirharjo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Meski tidak memiliki riwayat sebagai ahli medis, dia dengan sigap menolong seorang ibu melahirkan di pinggir jalan desa setempat.

Saat dikonfirmasi, Chusana menceritakan secara rinci peristiwa yang dialaminya pada Selasa (23/6/2020) kemarin sore tersebut. Menurutnya, ibu yang melahirkan itu bernama Siti Aminah, warga Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun. Saat itu Aminah dan suaminya Sunyoto hendak ke rumah bidan Desa Kendalrejo untuk memeriksakan kandungan. Namun bidan desa ternyata sedang ada tugas luar.

Setelah itu, Sunyoto berniat membawa istrinya ke bidan Desa Pasirharjo yang jaraknya berdekatan dengan Desa Kendalrejo. "Sesampainya di rumah Bidan Desa Pasirharjo, ternyata Bu Bidan juga sedang tidak berada di rumah. Setelah itu mereka langsung ke rumah saya yang kebetulan bersebelahan dengan rumah Bu Bidan dengan niatan meminta nomor telepon Bu Bidan," ujar Chusana, Rabu (24/6/2020).

Saat itu dia melihat si ibu sudah seperti menahan rasa sakit. Kemudian mereka bersama-sama berjalan menuju rumah bidan untuk memastikan keberadaanya. 

BACA JUGA : 

Tandai Awal Musim Giling, Pabrik Gula di Blitar Gelar Tradisi Manten Tebu

Balap Liar di Sekitar Bendungan Jegu, Ratusan Pemuda Diamankan Polisi

Tiga Hari, Polres Blitar Amankan Puluhan Pelaku Pungli dan Premanisme

Kejar Target, Vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar Mulai Sasar ​Masyarakat Umum

"Belum sampai di rumah Bu Bidan, Ibu ini sudah teriak kesakitan. Di situ ada empat orang, saya, ibu yang melahirkan, suaminya, dan seorang pemilik toko di dekat situ. Karena semua tidak berani menolong dan saat itu ketuban sudah pecah dan kepala bayi sudah kelihatan, akhirnya saya beranikan untuk menolong proses persalinan," jelasnya.

Sambil membantu proses persalinan, Chusana meminta istrinya untuk memanggil seorang tetangga yang kebetulan bekerja sebagai petugas medis. Jabang bayi dengan jenis kelamin laki-laki akhirnya berhasil lahir dengan selamat. Chusana pun kemudian mengambil selimut untuk menghangatkan tubuh bayi.

"Saya selimuti, tapi saat itu plasenta masih nempel di ibunya. Baru setelah petugas medis datang dibantu untuk mengeluarkan," imbuhnya.

Chusana menjelaskan, pasca kejadian ini banyak warga yang menanyakan keberadaan ibu bidan saat kondisi darurat. Dia menjelaskan, saat ditelepon bidan Desa Pasirharjo saat itu sedang berada di Udanawu untuk mengantarkan anaknya.

"Banyak yang tanya, kok Bidannya gak nolong. Bu Bidan ini saat itu sedang melaksanakan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Dia mengantar anaknya," ujarnya.

Kabar terkini ibu dan bayi laki-laki tersebut telah mendapat pertolongan medis. Keduanya dalam kondisi sehat. (ina/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...