Rabu, 16 Juni 2021 05:59

Jelang New Normal, Gubernur Bersama Forkopimda Jatim Kunjungi Ponpes Tebuireng

Selasa, 16 Juni 2020 16:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrullah
Jelang New Normal, Gubernur Bersama Forkopimda Jatim Kunjungi Ponpes Tebuireng
Rombongan Gubernur, Kapolda, dan Pangdam V/Brawijaya saat kunjungi Ponpes Tebuireng.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Jelang new normal, Gubernur bersama Forkopimda Jawa Timur mengunjungi sejumlah ponpes di wilayah Kabupaten Jombang. Tujuannya tak lain ialah untuk meninjau kesiapan pesantren tangguh.

Pondok pesantren yang dikunjungi pertama oleh rombongan tersebut yakni, Ponpes Tebuireng, kemudian dilanjutkan ke Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Selasa (16/06/20).

Rombongan tiba di Tebuireng sekira pukul 11:30 WIB, dengan disambut oleh Forkopimda Jombang serta Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfud. Selanjutnya mereka masuk ke Dalem Kasepuhan guna bersilaturahim dengan keluarga besar ponpes.

Usai dari dalem kasepuhan, rombongan kemudian menuju ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), makam Gus Solah, dan makam lainnya yang berada kompleks pemakaman Ponpes Tebuireng.

BACA JUGA : 

Covid-19 Varian Baru B1617 Asal India Masuk ke Bangkalan

Kapolri dan Panglima TNI Gandeng Ulama dan Tokoh Masyarakat Tekan Angka Covid-19 di Bangkalan

Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya Kembali Cek Kondisi Penanganan Covid-19 di Arosbaya

Preman Resahkan Masyarakat, Ini Instruski Tegas Kapolri pada Polda dan Polres

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa ia bersama Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya beberapa hari ini bersilaturahim mengunjungi pesantren-pesantren untuk menyiapkan pesantren tangguh.

“Kunjungan ini untuk menyiapkan pesantren yang sehat, pesantren yang bersih. Dan kita menggunakan terminologi Pesantren Tangguh, kira-kira demikian,” ucapnya.

Gubernur menjelaskan, bagaimana hari-hari ini yang sedang dihadapi bersama adalah bagaimana penyiapan Pesantren Tebuireng sebagai pesantren yang sehat, bersih, serta bisa menjaga seluruh santri. Ini adalah sesuatu yang penting. Karena di pesantren inilah komunitas yang cukup besar dalam pendidikan.

“Terutama pengasuhnya dari kemungkinan pandemi Covid-19. Jadi ini adalah pesantren tangguh yang sudah memiliki SOP yang sangat detail. Selalu ada koordinasi diantara forkopimda dengan pengasuh pesantren. Pesantren ini juga untuk bisa menyiapkan kader bangsa ke depan dilakukan dengan intensitas pembelajaran yang sangat ketat,” jelasnya.

Sementara, Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr M. Fadil Imran menerangkan, mulai dari masuk sampai dengan kegiatan sehari-hari dilakukan intervensi, agar santri bisa beraktivitas, produktif namun juga bisa tetap sehat.

“Jadi, sepanjang protokol kesehatan dilaksanakan dengan disiplin, jumlahnya besar tidak masalah. Dan kami melihat Ponpes Tebuireng siap untuk melaksanakan aktivitas belajar mengajar di ponpes,” terangnya.

Saat ditanya kapan para santri bisa kembali ke pesantren, Fadil mengatakan jika berdasarkan hasil kesepakatan dari pengurus pondok pesantren, kesepakatan awal tadinya pada tanggal 20 Juni 2020. Namun, pihaknya juga akan melihat perkembangan lebih lanjut.

“Kita lihat perkembangan selanjutnya, kalau kesepakatan awal tanggal 20 bulan ini. Sedangkan upaya untuk pengawasan para santri ada tim dari Forkopimda, ada tim dari pondok. Nanti setiap saat dilaksanakan assessment, dilaksanakan evaluasi, supaya makin sempurna, unggul, dan tangguh, Ponpes ini dalam menghadapi Covid-19,” pungkasnya.

Usai berkunjung ke Ponpes Tebuireng, selanjutnya rombongan berangkat menuju Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Dan kemudian dilanjutkan bertolak ke Madiun. (aan/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...