Jadi Langganan Banjir, Jalan Semeru Diberi Gorong-gorong

Jadi Langganan Banjir, Jalan Semeru Diberi Gorong-gorong Dalam rangka normalisasi Kali Kebo, jembatan depan Kantor Kelurahan Sisir terpaksa dibongkar. Foto kiri, tampak pemasangan gorong-gorong di Jalan Semeru sisi Timur.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Harapan Wali Kota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si., agar instansi terkait segera melakukan normalisasi Kali Kebo Jalan Semeru, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu akhirnya diwujudkan. Kini, kali yang dituding jadi biang kerok banjir di Jalan Semeru tersebut sudah direnovasi dan di sisi Timur Jalan Semeru telah dipasang gorong-gorong.

"Sudah empat hari proyek normalisasi Kali Kebo dan pemasangan gorong-gorong ini dikerjakan. Semoga hasil dari renovasi ini nantinya dapat menghentikan luapan Kali Kebo," ujar Harijono MC, warga RT 04 RW 07 Kelurahan Sisir, kepada BANGSAONLINE.com, Senin (8/6).

Pemasangan gorong-gorong itu dilakukan mulai dari sebelah Utara kantor Kelurahan Sisir di sebelah sisi Timur jalan hingga ujung Utara Kali Kebo, tepatnya di simpang Jalan Semeru dan Jalan Anjasmoro. Bahkan, untuk normalisasi Kali Kebo, jembatan di pintu masuk kantor Kelurahan Sisir terpaksa dibongkar. Semua pegawai dan warga yang akan mengurus administrasi bisa melalui jalan Kauman belakang Masjid An-Nuur.

Hal senada diungkapkan Siswoyo, salah seorang warga Jalan Semeru yang rumahnya beberapa kali terdampak banjir. Ia berharap, pembenahan saluran drainase dapat mengatasi banjir di Jalan Semeru. Sebab, sumber utama penyebab banjir tersebut karena kondisi gorong-gorong di bawah jembatan yang terlalu kecil, sehingga tidak mampu dilewati maksimal oleh derasnya air dari arah atas.

"Dengan adanya pembenahan ini, insya Allah akan mengurangi kecemasan warga di kala hujan deras. Terus terang, tiap hujan kami selalu cemas. Kebetulan warga di sini sudah dua kali mengalami kejadian serupa. Kalau tidak ada perbaikan segera, mungkin kejadian serupa akan terulang lagi," ujar warga RT 06 RW 09 Kelurahan Sisir ini.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari mengapresiasi dinas terkait yang tanggap dengan keinginan wali kota agar normalisasi Kali Kebo bisa segera dilakukan. Menurutnya, perbaikan gorong-gorong dan renovasi Kali Kebo itu bisa mencegah meluapnya air dari Kali Kebo yang setiap hujan deras pasti meluap ke jalan Semeru dan masuk ke perkampungan.

"Memang itu yang kita harapkan. Semoga upaya ini sesuai dengan harapan masyarakat," ujar Khamim Tohari, Senin (8/6).

Sementara itu, akibat pengerjaan proyek ini, arus lalu lintas dari Jalan Bromo dialihkan ke Jalan Arjuno sehingga menimbulkan kemacetan. Sementara lalu lintas untuk kendaraan bus dan truk dari arah Pujon dialihkan ke Jalan Suropati. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO