Tak Mau Andalkan Mobil BNPB dan BIN, Pemkot Mulai Lakukan Tes Swab Mandiri

Tak Mau Andalkan Mobil BNPB dan BIN, Pemkot Mulai Lakukan Tes Swab Mandiri Petugas medis sedang bekerja di laboratorium. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemkot mendapatkan bantuan alat PCR dari Badan Intelijen Negara (BIN), sehingga nantinya bisa membuat laboratorium sendiri dan bisa melakukan tes swab mandiri.

Hal itu dilakukan mengingat mobil laboratorium dari BNPB dan BIN yang beberapa hari ini melakukan rapid test dan swab test, tak bisa selamanya berada di . Mobil tersebut harus keliling ke daerah lainnya di Jawa Timur, bahkan di Indonesia.

Sementara ini, pemkot meminjam ruangan di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) untuk meletakkan alat PCR itu dan membuat laboratorium.

Bahkan, sejak Rabu (3/6/2020) kemarin, Pemkot sudah mulai mengoperasikan laboratorium tersebut untuk melakukan swab test. Sudah ada ratusan sampel yang dikirimkan ke BBTKLPP tersebut untuk dilakukan swab test.

Wali Kota , Tri Rismaharini mengatakan bahwa selain menggunakan mobil laboratorium PCR milik BNPB dan BIN, pemkot juga mulai mengoperasikan lab untuk swab test. Hal ini diperlukan untuk mempercepat keluarnya hasil swab test tersebut.

“Kita pinjam ruangan dulu. Alhamdulillah laboratorium sudah bisa kita gunakan. Sambil menunggu Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) kita jadi,” kata Risma, Kamis (4/6/2020).

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO