Sambut New Normal, Santri di Ponpes Bangkalan Harus Terapkan Pola Hidup Baru

Sambut New Normal, Santri di Ponpes Bangkalan Harus Terapkan Pola Hidup Baru Drs. Abdul Haris, M.Pd., Kepala Kantor Kemenag Bangkalan saat memberikan penjelasan kepada BANGSAONLINE.com di Pendopo Agung Bangkalan, Kamis (4/6/2020).

BANGKALAN, BANGSAONELINE.com - Menyambut kebijakan New Normal (Tatanan Normal Baru), Pemkab mulai mempersiapkan diri. Termasuk, mempersiapkan rencana kembalinya para santri ke pondok pesantren (ponpes). Mengingat, jumlah santri di Kabupaten cukup banyak.

Drs. Abdul Haris, M.Pd., Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan, jumlah santri di mencapai 18.924, terdiri dari santri mukimin sebanyak 12.151 orang, dan santri nonmukimin sebanyak 6.772 orang. Sedangkan jumlah pondok pesantren se-Kabupaten ada 131.

"Untuk rincian lebih jelasnya tentang New Normal, nanti setelah Kemenag mengikuti rapat koordinasi antara Tim Gugus Tugas Covid-19 dengan para pengasuh pondok pesantren se- di Pendopo Agung," katanya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (4/6/2020).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya memang sedang mempersiapkan pola new normal bagi para santri. "Santri dituntut melakukan perubahan kebiasaan masa lalu yang ada di pondok, seperti menggunakan handuk bersama, tempat makan berbarengan, juga soal sarana ibadah," katanya.

Ia meminta ponpes juga mempersiapkan diri untuk kebersihan lingkungannya. "Termasuk tempat tinggal santri, musala, tempat tidur santri, serta kamar mandi harus selalu diperhatikan kebersihannya secara berkala, termasuk fasilitas santri," jelasnya.

Protokol berikutnya, imbuhnya, tentang sosialisasi bagaimana kesehatan fisik santri yang akan kembali ke ponpes. Yakni, harus dipastikan sehat walafiat agar tidak ada penyebaran virus di pesantren. "Jadi budaya santri sebelumnya harus sudah berubah, pola hidup santri di pondok harus diubah, termasuk soal sosialisasi kepada pengasuh," pungkasnya. (uzi/rev/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO