Sabtu, 11 Juli 2020 23:30

Bila New Normal Diterapkan, Pemkot Blitar Berencana Prioritaskan Sektor Ekonomi

Rabu, 03 Juni 2020 14:25 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Bila New Normal Diterapkan, Pemkot Blitar Berencana Prioritaskan Sektor Ekonomi
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, bakal memprioritaskan sektor perekonomian jika aktivitas New Normal atau Tatanan Normal Baru diterapkan di masa pandemi Covid-19. Secara teknis, Pemkot Blitar hingga kini terus menyiapkan persiapan New Normal tersebut.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan bahwa akan ada beberapa fase yang dilaksanakan dengan berbagai persyaratan untuk menuju New Normal. Menurutnya, semua dilakukan bertahap, namun Pemkot Blitar memiliki prioritas untuk mendahulukan sektor ekonomi dan tempat ibadah.

"Artinya Pemkot Blitar harus sesuai persyaratan pemetaan penyebaran Covid-19 sebelum menerapkan New Normal. Setelah itu, baru disusun mana yang boleh dibuka mana yang ditunda. Misalnya, tempat hiburan ditunda dulu, tapi sektor perekonomian dan tempat ibadah akan kita buka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," ujar Hakim, Rabu (3/6/2020).

Hakim menjelaskan bahwa untuk sektor transportasi, Pemkot Blitar masih menunggu petunjuk dari pusat. Sementara untuk pendidikan, selain menunggu petunjuk dari pusat Pemkot Blitar juga tengah menyiapkan teknisnya.

"Untuk pendidikan kami siapkan juga teknisnya apakah PAUD dan TK harus masuk, apakah harus dibuat sif atau tetap online. Kalau lokasi wisata kita buka, namun juga dengan menerapkan protokol ketat," jelasnya.

Dia menegaskan, nantinya tempat-tempat yang diperbolehkan buka kembali harus membuat pernyataan kesanggupan mematuhi protokol kesehatan.

"Baik restoran, rumah makan, tempat ibadah, dan pertokoan nantinya akan kita buatkan aturan agar mereka membuat pernyataan kesanggupan mematuhi protokol kesehatan," tegasnya.

Lebih lanjut Hakim menerangkan, untuk instansi utamanya yang berkaitan dengan layanan publik akan tetap dibuka dengan mengutamakan sistem online.

"Pemkot Blitar juga akan membentuk gugus tugas di masing-masing OPD untuk mengontrol pelayanan selama masa pandemi Covid-19," pungkasnya. (ina/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...