Begini Rencana Pemkab Blitar Bila Pemerintah Pusat Terapkan New Normal

Begini Rencana Pemkab Blitar Bila Pemerintah Pusat Terapkan New Normal Bupati Blitar, Rijanto.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar merespons rencana Pemerintah Pusat menerapkan new normal. Bahkan, berbagai rencana telah disiapkan Pemkab Blitar bila rencana itu benar-benar terealisasi.

Salah satunya adalah, segera mengoptimalkan kembali peran organisasi perangkat daerah (OPD) yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat.

"Kita mempelajari situasi yang berkembang. Jika suatu saat kita harus hidup berdampingan dengan Corona, saya dan Pak Wabup akan membuat aturan dan petunjuk kepada OPD agar menyiapkan perencanaan bagaimana menghadapi new normal ini. Utamanya di OPD yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat agar kembali memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Bupati Rijanto, Kamis (28/5/2020).

Rijanto mencontohkan, beberapa OPD dan instansi yang harus segera dioptimalkan saat new normal diterapkan adalah Dispendukcapil dan layanan kesehatan.

"Namun tetap harus dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Jadi tetap pakai masker tetap jaga jarak dan cuci tangan," tegasnya.

Lebih lanjut, bupati mengatakan, penerapan new normal di Kabupaten Blitar tetap menunggu instruksi dari pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Karena pemerintah daerah, tegak lurus dengan instruksi pusat dan Pemprov Jatim.

"Kita membuat perencanaan, namun di lapangan kita harus tetap menunggu pusat dan provinsi. Selain OPD yang membidangi pelayanan masyarakat tentunya untuk sektor pendidikan dan pariwisata secara otomatis juga mengikuti pusat dan provinsi. Kita tegak lurus dengan aturan pusat dan provinsi," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO