Selasa, 02 Juni 2020 22:35

Bacabup Djoko Susanto Ajak Karyawan Korban PHK Ciptakan Potensi Wirausaha di Sekitar Rumah

Kamis, 21 Mei 2020 18:09 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Bacabup Djoko Susanto Ajak Karyawan Korban PHK Ciptakan Potensi Wirausaha di Sekitar Rumah
Sejumlah warga membersihkan rumput di lahan kosong yang akan dimanfaatkan untuk lahan bercocok tanam.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Wabah virus Corona atau Covid-19 membuat banyak masyarakat terdampak dan merugi. Mulai dari hilangnya pekerjaan atau menjadi korban PHK, hingga semakin merosotnya perekonomian dunia.

Terkait hal ini, bakal calon bupati (bacabup) Djoko Susanto dengan pengalamannya sebagai seorang birokrat, dan juga kini bergerak di bidang usaha, memiliki solusi bagi masyarakat terdampak Covid-19 tersebut.

Mantan Kepala BPN ini mengajak mereka, utamanya yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19, memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk dikembangkan secara ekonomi.

"Potensi alam harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, itu paling sederhana, jika kita bicara ekonomi hari ini macet. Jadi manfaatkan halaman rumah untuk budidaya sebagai salah satu solusi," kata Djoko saat dikonfirmasi di giat berbagi beras bagi masyarakat terdampak Covid-19, Kamis (21/5/2020).

Memanfaatkan halaman rumah untuk budidaya potensi alami, bisa dilakukan dengan teknologi hidroponik, untuk sayuran, atau buah-buahan. Ataupun juga melakukan budidaya tanaman bunga yang juga punya potensial untuk dijual.

"Kenapa dipilih sayuran? Kebutuhan nutrisi kita secara tidak langsung terpenuhi. Tanpa harus membeli tapi bisa memproduksi sendiri. Sehingga tidak harus berpangku tangan menunggu belas kasihan," tukasnya.

Hal itu menurut Djoko, akan menimbulkan rasa kemandirian positif. "Sehingga menjadi solusi positif bagi diri sendiri, dan tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19," ucapnya.

"Jadi kembangkan potensi diri, untuk tetap survive. Bisa ditinjau dari apa yang berpotensi dan bisa dikembangkan di sekitar rumah," pungkasnya. (ata/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Senin, 01 Juni 2020 12:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<...