Bacabup Djoko Susanto Ajak Karyawan Korban PHK Ciptakan Potensi Wirausaha di Sekitar Rumah

Bacabup Djoko Susanto Ajak Karyawan Korban PHK Ciptakan Potensi Wirausaha di Sekitar Rumah Sejumlah warga membersihkan rumput di lahan kosong yang akan dimanfaatkan untuk lahan bercocok tanam.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Wabah virus Corona atau Covid-19 membuat banyak masyarakat terdampak dan merugi. Mulai dari hilangnya pekerjaan atau menjadi korban PHK, hingga semakin merosotnya perekonomian dunia.

Terkait hal ini, bakal calon bupati (bacabup) Djoko Susanto dengan pengalamannya sebagai seorang birokrat, dan juga kini bergerak di bidang usaha, memiliki solusi bagi masyarakat terdampak Covid-19 tersebut.

Mantan Kepala BPN ini mengajak mereka, utamanya yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19, memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk dikembangkan secara ekonomi.

"Potensi alam harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, itu paling sederhana, jika kita bicara ekonomi hari ini macet. Jadi manfaatkan halaman rumah untuk budidaya sebagai salah satu solusi," kata Djoko saat dikonfirmasi di giat berbagi beras bagi masyarakat terdampak Covid-19, Kamis (21/5/2020).

Memanfaatkan halaman rumah untuk budidaya potensi alami, bisa dilakukan dengan teknologi hidroponik, untuk sayuran, atau buah-buahan. Ataupun juga melakukan budidaya tanaman bunga yang juga punya potensial untuk dijual.

"Kenapa dipilih sayuran? Kebutuhan nutrisi kita secara tidak langsung terpenuhi. Tanpa harus membeli tapi bisa memproduksi sendiri. Sehingga tidak harus berpangku tangan menunggu belas kasihan," tukasnya.

Hal itu menurut Djoko, akan menimbulkan rasa kemandirian positif. "Sehingga menjadi solusi positif bagi diri sendiri, dan tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19," ucapnya.

"Jadi kembangkan potensi diri, untuk tetap survive. Bisa ditinjau dari apa yang berpotensi dan bisa dikembangkan di sekitar rumah," pungkasnya. (ata/yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO