Bupati Sumenep Bagikan Zakat Fitrah ASN Pakai Protokol Kesehatan Covid-19

Bupati Sumenep Bagikan Zakat Fitrah ASN Pakai Protokol Kesehatan Covid-19 Bupati Sumenep serahkan pembagian zakat fitrah ASN pemkab melalui puluhan lembaga penyalur di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Di tengah wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, pendistribusian zakat fitrah 1441 Hijriyah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep dilakukan melalui puluhan lembaga penyalur.

"Untuk menghindari pengumpulan masyarakat demi mencegah penyebaran Covid-19 saat pembagian zakat fitrah ASN, tidak langsung kepada warga yang berhak menerima seperti tahun sebelumnya, tetapi melalui lembaga penyalur yang telah mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial," kata  Dr. KH. A. Busyro Karim saat penyerahan zakat fitrah di Kantor Dinas Sosial, Selasa (19/05/2020).

Menurutnya, lembaga penyalur saat membagikan zakat fitrah itu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, sehingga kegiatannya itu. Selain menyalurkan zakat fitrah juga ikut menyosialisasikan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

"Lembaga penyalur seiring menyalurkan zakat fitrah itu tolong bersosialisasi untuk melaksanakan protokol kesehatan supaya pasiennya tidak bertambah lagi. Karena saat ini, sudah ada 5 pasien Covid-19 diisolasi perawatan di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep,” tuturnya.

Informasi terbaru yang diterima bupati bahwa warga Sumenep yang meninggal dunia akibat Covid-19 bertambah satu lagi pada hari ini (Selasa, 19 Mei 2020) yakni warga Kecamatan Lenteng yang dirawat di rumah sakit Pamekasan.

"Diimbau untuk tetap harus berhati-hati, waspada dan tidak panik, apalagi Hari Raya Idul Fitri harus tetap melaksanakan protokol kesehatan demi nyawa diri sendiri dan orang lain harus diutamakan," imbau orang nomor satu di Sumenep ini.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep Mohammad Iksan, S.Pd. MT mengungkapkan, hasil pengumpulan zakat fitrah 1441 Hijriyah dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep yakni beras sebanyak 91 paket dan uang berjumlah Rp 91.400.000 atau 2.611 paket.

"Jumlah penyalur yang mengajukan permohonan secara tertulis untuk membantu menyalurkan zakat fitrah itu sebanyak 79 pemohon. Kami sampaikan terima kasih, karena telah membantu pemerintah daerah menyalurkan Zakat Fitrah ASN,” pungkasnya. 

Penyaluran Zakat Fitrah 1441 Hijriyah ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh kepada perwakilan lembaga penyalur. 

Acara penyerahan zakat fitrah ASN juga dihadiri oleh Wakil Bupati Achmad Fauzi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO