Senin, 03 Agustus 2020 16:15

Antisipasi Anak Malas dan Minder ke Sekolah, PGRI Gelar Workshop Sekolah Ramah Anak

Senin, 18 Mei 2020 21:00 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
Antisipasi Anak Malas dan Minder ke Sekolah, PGRI Gelar Workshop Sekolah Ramah Anak
Webinar Workshop SRA di Kantor PGRI Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya mengantisipasi dampak negatif setelah Covid-19 berakhir, PGRI Trenggalek bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar Webinar dengan tema Workshop Sekolah Ramah Anak (SRA) yang digelar melalui video conference.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemudan dan Olah Raga Kabupaten Trenggalek Totok Rudianto dalam keterangannya menyebutkan dampak negatif setelah Covid-19 ini berakhir adalah para siswa diprediksi akan malas untuk kembali belajar di ruang kelas. Alasannya dalam tiga bulan terakhir, mereka telah terbiasa belajar secara online/daring (dalam jaringan) dari rumah.

"Jadi, dampak negatifnya mereka akan malas masuk sekolah.Oleh sebab itu, digelarnya workshop sekolah ramah anak itu salah satunya untuk mengantisipasi hal itu," kata Totok saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin (18/5).

Selain dampak negatif, Totok juga menyebut dampak positif bagi siswa setelah Covid-19 berakhir adalah para siswa akhirnya akan terbiasa belajar dengan menggunakan pola daring dan terbiasa menggunakan fasilitas teknologi.

Totok berharap dengan digelarnya Workshop SRA para guru utamanya bisa menciptakan sekolah ramah anak di lingkungan sekolahnya masing masing.

Munib, Ketua PGRI Trenggalek yang sekaligus ketua panitia kegiatan tersebut mengatakan bahwa Workshop Sekolah Ramah Anak yang digelar secara Webinar ini akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 17 hingga 21 Mei mendatang.

Munib menyebut dalam workshop kali ini diikuti oleh 440 guru dari berbagai daerah. Selain itu dihadirkan pula narasumber Elvi Hendrani selaku Asisten Deputi Kemen PPPA serta dua narasumber lainnya yakni Bekti Prasiyani dan Bagus Dibyo Sumantri dari Lembaga Aspirasi Sekolah Ramah Anak.

Ia juga menyampaikan, terciptanya Workshop SRA ini sebagai bentuk kepedulian organisasi profesi guru dalam hal ini PGRI melihat berbagai dampak yang ditimbulkan setelah Covid-19 berakhir, salah satunya dampak sosial dan psikologis pada para siswa.

"Jadi, dampak psikologis itu misalnya anak merasa minder masuk sekolah, karena orangtuanya terkena PHK. Oleh sebab itu PGRI akhirnya bergerak dengan menggelar Webinar. Dengan harapan, para guru di lingkungan sekolahnya masing-masing menerapkan sekolah ramah anak, agar tercipta suasana sekolah yang nyaman dan aman bagi siswa," kata Munib yang juga menjabat Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Kabupaten Trenggalek. (man/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...