Hari Ini, Pemkot Surabaya Mulai Cairkan Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos

Hari Ini, Pemkot Surabaya Mulai Cairkan Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos Para penerima BST sedang mengantre dilayani oleh petugas PT Pos. foto: ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mulai hari ini (Senin, 11/5), Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) mulai dicairkan secara bertahap di Kota Surabaya. Rencananya, warga Kota Surabaya yang akan mendapatkan BST ini sebanyak 174.332 KK (kartu keluarga).

Koordinator Perencanaan, Data, Pakar, dan Analisis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, bantuan sosial tunai mulai dicairkan hari ini di kantor Pos. Bantuan dari Kemensos berupa uang tunai itu sebesar Rp 600 ribu.

“Bantuan ini akan disalurkan secara bertahap dan akan disalurkan selama tiga bulan, yakni Mei, Juni, Juli,” kata Eri.

Menurutnya, metode pencairan BST ini melalui PT Pos, sehingga data 174.332 KK itu disalurkan ke PT Pos yang tersebar di Kota Surabaya. Kemudian, pihak PT Pos yang mengundang warga untuk mengambil bantuan di kantor PT Pos. “Nanti jadwal penyalurannya akan diatur dan digilir oleh PT Pos. Jadi, pemkot hanya support database-nya,” ujarnya.

Eri menjelaskan, data 174.332 KK itu berasal dari data MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) di Kota Surabaya yang jumlahnya sebanyak 235.477 KK. Nah, MBR ini dibagi menjadi dua, sebanyak 61.145 KK sudah masuk ke DTKS dan sudah mendapatkan bantuan PKH serta sembako regular, dan selama ini sudah berjalan.

“Kemudian sisanya sebanyak 174.332 KK yang mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan,” tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO