Selasa, 22 September 2020 17:38

Dugaan Pengadaan 2,5 Juta Masker Ditumpangi Anggota DPRD, Kejari Pasuruan Panggil 2 Kepala OPD

Senin, 04 Mei 2020 18:11 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Dugaan Pengadaan 2,5 Juta Masker Ditumpangi Anggota DPRD, Kejari Pasuruan Panggil 2 Kepala OPD
Ilustrasi. foto: Tokopedia

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dugaan pengadaan 2,5 juta masker di Kabupaten Pasuruan yang kabarnya ditumpangi anggota DPRD setempat, berbuntut panjang.

Senin (4/5/2020), Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan mulai mengumpulkan bahan keterangan atas proyek senilai Rp 7,5 miliar tersebut. Kejari memanggil dua OPD terkait, yakni Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Edy Suwanto, serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) Hasani.

Pemanggilan kedua pejabat tersebut dibenarkan oleh Kepala Kejari Kabupaten Pasuruan Ramdanu Dwiyantoro melalui Kasie Intelijen Irvan. 

"Pemanggilan dua pejabat OPD tersebut tersebut tujuannya adalah untuk mengklarifikasi soal pengadaan 2,5 juta masker," jelas Irvan saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Ia mengungkapkan, berdasarkan keterangan Kepala Disperindag dan Kepala Dinkop, bahwa pengadaan masker tersebut dilakukan dengan sistem kontrak kerja bekerja sama dengan para pelaku UMKM. 

Namun selama pengerjaan masker, para pelaku UMKM mengalami kendala ketersediaan bahan baku kain. Sebab, bahan baku kain untuk membuat masker biasanya diperoleh dari Surabaya. Dan saat ini Kota Surabaya dan sekitarnya sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Terpisah, Kepala Diskoperindag Kabupaten Pasuruan, Edy Suwanto membenarkan dirinya mendapat panggilan dari kejaksaan. "Pemanggilan tersebut untuk klarifikasi dan koordinasi saja," jelasnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, program pengadaan 2,5 juta masker kain untuk mencegah persebaran Covid-19 di Kabupaten Pasuruan dialokasikan senilai Rp 7,5 miliar bersumber dari BTT (Belanja Tidak Terduga). Pengadaan itu diserahkan kepada Disperindag dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pasuruan. Untuk anggaran pengadaan 1 unit masker Rp 3.000, yang pembayarannya dilakukan setelah pekerjaan selesai. (bib/par/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...